Kurangi Dampak Negatif Alergi dengan Gaya Hidup Sehat, Yuk!

  Senin, 13 November 2023 | 04:23 WIB
   Team Prosix
ep39.1.jpg

Sumber: Freepik

Alergi memiliki dampak negatif yang signifikan pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Dampak negatif alergi bervariasi tergantung pada jenis alergi, tingkat keparahan, dan seberapa sering paparan terhadap alergen terjadi. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak negatif alergi tersebut? Salah satu jawabannya adalah melakukan perubahan gaya hidup sehat.

Perlu dipahami, alergi merupakan suatu perubahan reaksi atau respon pertahanan tubuh yang menolak dan tidak tahan terhadap zat-zat asing pemicu, di mana zat-zat asing tersebut disebut juga dengan alergen. Nah, gejala atau reaksi alergi memiliki tingkat keparahan yang bervariasi, mulai dari yang umum sampai yang parah. Reaksi alergi umum bisa berupa bersin, hidung gatal, mata merah, ruam, sampai sesak napas.

Setiap orang bisa memiliki kondisi alergi dan cara mengatasinya yang berbeda-beda. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui faktor pemicu alerginya supaya kamu dapat menghindari alergi kamu dengan cara yang tepat. Kemudian, kamu juga perlu melakukan perubahan gaya hidup sehat.

Penasaran, gaya hidup sehat seperti apa yang bisa mengatasi alergi? Simak ulasan menarik di bawah ini sampai akhir!

Gaya Hidup Sehat untuk Mengurangi Dampak Negatif Alergi

Gejala alergi bisa dikelola dan dikendalikan dengan baik dengan bantuan perawatan medis dan perubahan gaya hidup yang tepat. Yuk, mulai terapkan gaya hidup sehat!

1. Kelola Stres dengan Baik

Sumber: Freepik

Kurang istirahat dan banyak pikiran bisa menjadi salah satu pemicu alergi kambuh. Maka dari itu, sangat disarankan untuk tetap menjaga kesehatan mental agar tidak terlalu stres. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres, kamu bisa mencoba teknik-teknik manajemen stres seperti meditasi, yoga, atau relaksasi untuk membantu meredakan stres. Namun, ketika melakukan kegiatan kamu juga perlu memperhatikan hal-hal di sekeliling yang bisa memicu alergi kambuh, ya.

2. Olahraga Secara Rutin

Olahraga merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengatasi alergi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti memilih tempat olahraga yang jauh dari polusi, mencari waktu olahraga yang tepat, dan memilih olahraga yang tidak terlalu berat.

Olahraga secara teratur dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Pastikan untuk menjaga kebersihan diri setelah berolahraga untuk menghindari paparan alergen seperti serbuk sari, ya.

3. Menjaga Kebersihan Sekitar

Pastikan kamu selalu membersihkan rumah secara rutin untuk menghilangkan debu, serbuk sari, dan bulu hewan yang dapat memicu alergi. Kamu juga bisa menggunakan filter udara untuk membersihkan udara dalam rumah. Hal ini sangat penting, apalagi jika kamu adalah pengidap alergi berupa batuk atau sesak napas. Alergi ini akan kambuh jika kamu berada di tempat yang penuh debu.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Sumber: Freepik

Menjaga pola makan yang sehat tidak hanya penting untuk mereka yang memiliki alergi saja, melainkan juga untuk semua orang. Bagi kamu yang sebelumnya sudah paham kondisi tubuh, lebih baik menghindari makanan-makanan pemicu alergi. Selain itu, kamu juga bisa menjaga higienitas tempat makan dan carilah makanan yang bergizi. 

Pastikan kamu mengkonsumsi makanan yang seimbang dan berkualitas tinggi dengan memasukkan banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan protein berkualitas tinggi seperti daging tanpa lemak, ikan, dan kacang-kacangan. Makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat memperburuk gejala alergi.

5. Makanan Pereda Inflamasi Juga Diperlukan

Beberapa makanan dan minuman juga dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan alergi, lho. Misalnya, kamu bisa minum teh hijau, atau rempah-rempah seperti kunyit dan jahe, serta makanan kaya Omega-3 seperti ikan salmon.

6. Sediakan Obat Alergi

Sumber: Freepik

Sebagai pengidap alergi, sebaiknya kamu menyediakan antihistamin sebagai obat darurat untuk mengantisipasi timbulnya gejala alergi tanpa diduga. Obat ini dapat digunakan pada saat alergi terjadi dan saat merasa gejala reaksi alergi untuk mencegah reaksi berlebihan.

Kamu bisa memilih obat anti alergi yang memiliki kandungan Cetirizine Hydrochloride, yang secara farmakologi merupakan antihistamin potensial yang tidak terlalu menyebabkan kantuk (potensi kantuk rendah).

7. Minum Air yang Cukup

Pastikan tubuhmu selalu terhidrasi dengan minum air yang cukup setiap harinya. Air dapat membantu memperbaiki aliran lendir dan membersihkan alergen dari saluran pernapasan.

Kalau kamu mengalami gejala alergi yang parah atau merasa kesulitan mengelola alergi, segera konsultasi dengan dokter supaya mereka dapat membantu mendiagnosis dan merencanakan perawatan yang sesuai untuk alergi yang kamu alami.

Penting untuk dipahami, bahwa setiap orang memiliki respons alergi yang berbeda-beda. Jadi sangat penting untuk menyesuaikan gaya hidup sehat kamu dengan kebutuhan pribadi dan mendapatkan saran medis yang tepat.