Mata Bengkak karena Alergi Eyeshadow? Atasi dengan Cara Ini

  Jumat, 19 Juli 2024 | 00:42 WIB
   team prosix
mata-bengkak-karena-alergi-eyeshadow-atasi-dengan-cara-ini_Y2i.jpg

Sumber: freepik

 

Beberapa orang mengalami gejala alergi saat memakai jenis kosmetik tertentu, salah satunya seperti eyeshadow. Hal ini bisa terjadi karena kandungan di dalam eyeshadow yang membuat mata menjadi iritasi. Saat hal ini terjadi, biasanya mata menjadi bengkak, merah, dan berair. Namun, tenang dulu, simak artikel di bawah ini sampai habis untuk mengetahui bagaimana cara tepat dalam mengatasi alergi eyeshadow.

 

Penyebab Alergi Eyeshadow

Umumnya, produk eyeshadow terbuat dari bahan utama talc yang umumnya terkandung di dalam bedak. Padahal, pemakaian kosmetik dari bahan talc di area mata bisa menyebabkan iritasi lho! 

Selain itu, hal lain yang memicu seseorang mengalami alergi eyeshadow adalah bahan pengawet yang ada di hampir semua produk riasan mata, contohnya seperti bronopol atau dimethicone.

Bahkan, pewarna dan wewangian yang dipakai dalam perona mata juga disebut-sebut sebagai biang kerok dari reaksi alergi yang muncul akibat penggunaan eyeshadow.

 

Gejala Alergi Eyeshadow

Sumber: freepik

 

Gejala alergi eyeshadow umumnya terjadi di sekitar mata. Saat kandungan kimia dari produk perona mata tersebut bersentuhan dengan kulit di sekitar mata, biasanya akan muncul ruam yang disertai gatal-gatal dan mata merah. 

Bahkan dalam beberapa kasus, alergi perona mata juga bisa membuat kulit mengelupas. Tak hanya itu saja, alergi kosmetik di sekitar mata juga bisa membuat kelopak mata membengkak dan berair. Parahnya, hal ini juga bisa menyebabkan iritasi dan konjungtivitis lho!

Kondisi ini merupakan infeksi selaput transparan mata yang membuat pembuluh darah terlihat dan area putih pada bola mata menjadi merah. Terkadang hal ini juga membuat seseorang merasa sangat sensitif terhadap cahaya yang menyilaukan.

Cara Mengatasi Alergi Eyeshadow

Sumber: freepik

 

Jangan panik dulu ya, berbagai permasalahan yang muncul akibat alergi eyeshadow bisa kamu atasi dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Mencuci Tangan sebelum Memakai Eyeshadow

Umumnya produk eyeshadow sudah dilengkapi dengan brush di dalamnya. Jadi kamu bisa menggunakannya saat ingin mengaplikasikan eyeshadow di area mata. Namun, ada juga yang menggunakan jari-jari tangan mereka saat mengoleskan produk perona mata.

Apabila kondisi tangan kotor, tentu kuman dapat berpindah ke area kelopak mata dan menyebabkan munculnya gejala alergi eyeshadow. Oleh sebab itu, sebaiknya selalu awali dengan mencuci tangan terlebih dulu sebelum menggunakan eyeshadow atau jenis kosmetik lainnya. 

2. Jangan Berbagi Eyeshadow dengan Orang Lain

Perlu diperhatikan bahwa, kamu lebih baik tidak berbagi atau bergantian memakai kosmetik yang langsung bersentuhan dengan kulit, salah satunya yaitu perona mata/eyeshadow. Bahkan, hindari untuk berbagi alat-alat kosmetik seperti kuas, spons, penjepit bulu mata, dan lainnya. 

Pasalnya, saat kamu berbagi atau bergantian memakai perona mata dengan orang lain, sama saja kamu sedang berbagi kuman. Hal ini juga bisa memicu seseorang mengalami iritasi di area mata.

3. Tidak Memakai Eyeshadow saat Mata Sakit

Jika kamu sedang mengalami peradangan selaput lendir di kelopak mata (konjungtivitis), sebaiknya hindari untuk mengaplikasikan kosmetik mata, seperti eyeshadow, eyeliner, atau maskara. 

Pasalnya hal ini justru membuat kondisi mata menjadi lebih parah dan terasa semakin perih dan sakit. Bahkan hal ini juga memungkinkan perpindahan bakteri atau virus pencetus mata merah ke eyeshadow.


Apabila gejala alergi eyeshadow yang kamu rasakan cukup parah dan sampai mengganggu penglihatan, segera hubungi dokter untuk mendapatkan obat alergi yang tepat. Selain itu, cobalah untuk mencari jenis eyeshadow yang memiliki label hypoallergenic demi menghindari gejala alergi yang berulang di area mata.