Manfaat Air Purifier untuk Kesehatan, Risiko Alergi Turun!

  Sabtu, 10 Agustus 2024 | 16:04 WIB
   Team Prosix
manfaat-air-purifier-untuk-kesehatan-risiko-alergi-turun_SlI.jpg

Sumber: freepik.com

Dalam rangka mengurangi risiko alergen yang ada di area rumah, penggunaan air purifier menjadi salah satu cara yang diklaim efektif. Dengan ragam manfaat air purifier, kamu tidak hanya akan mendapatkan udara yang lebih bersih, tapi juga lebih sehat untuk semua anggota keluarga.

Secara umum, alat ini bisa dipahami sebagai sebuah alat yang digunakan untuk membersihkan udara, dengan menghilangkan kontaminan atau zat berbahaya yang ada di udara di suatu ruangan dengan ukuran tertentu.

Cara Kerja Air Purifier secara Umum

Sumber: freepik.com

Jika dilihat pada produk secara umum, air purifier akan menggunakan dua teknologi utama. Pertama yakni pembersih udara aktif, dan kedua adalah pembersih udara pasif.

Pada pembersih udara aktif, kerjanya adalah dengan melepas ion negatif ke udara di sekitarnya. Ion negatif akan melekat di kotoran yang ada, kemudian membuatnya lebih berat dan jatuh ke permukaan alat. Nantinya kotoran ini akan lebih mudah dibersihkan dengan mengelap permukaan dan mengandalkan kerja air purifier pasif.

Pada pembersih udara pasih, terdapat filter yang didesain untuk menangkap partikel yang lewat di dalam alat ini. Partikel ini bisa berbentuk debu, serbuk sari, bakteri, atau zat berbahaya lainnya. Filter ini akan menjadi penghalang fisik yang menangkap dan menyaring partikel dari udara, sehingga udara yang keluar dari alat ini akan menjadi lebih bersih dan aman untuk dihirup.

Kombinasi keduanya membantu meningkatkan kualitas udara, sehingga lebih segar dan bersih, dan menurunkan risiko terjadinya alergi dengan mengurangi alergen yang ada.

Mencermati Fungsi dan Manfaat Air Purifier

Sumber: freepik.com

Jika dilihat dari segi fungsi dan manfaat air purifier sendiri, dapat dicermati dalam empat poin berbeda.

1. Menangkal Bakteri dan Virus di Udara

Ketika bekerja, air purifier akan menghilangkan virus dan bakteri yang ada di udara. Jika bekerja dengan optimal, jumlah aktivitas virus dan bakteri di udara sebuah ruangan akan jauh menurun, yang artinya udara menjadi lebih aman dihirup oleh penghuni rumah.

2. Mengeliminasi Bau Tak Sedap

Fungsi kedua adalah untuk menghilangkan bau tidak sedap. Karena pada dasarnya sebuah bau muncul akibat reaksi tertentu partikel zat dengan partikel lain, air purifier dapat membantu mengurangi partikel aktif ini dan membuatnya tidak bereaksi lagi.

3. Mengurangi Jumlah Jamur

Selanjutnya manfaat air purifier adalah mengurangi jumlah jamur yang dapat memicu berbagai macam penyakit. Jamur diketahui jadi pemicu banyak gangguan kesehatan, termasuk alergi. Ketika dinyalakan, alat ini dapat mengurangi jumlah jamur yang ada di udara secara signifikan.

4. Mengurangi Risiko Alergi

Selanjutnya terkait dengan alergi. Jumlah alergen yang ada di udara jelas cukup banyak, terlebih jika kamu memiliki hewan peliharaan atau jumlah serbuk sari sedang meningkat. Adanya air purifier dapat membantu menetralisir udara yang ada di dalam rumah, sehingga risiko alergi bisa ditekan pada tingkat yang lebih aman.

Tentu, produk air purifier yang berkualitas jadi kunci efektifnya kerja alat tersebut. Jadi jangan sampai salah untuk memilih produk, dan pastikan teknologi terkini hadir pada alat yang digunakan.

Salah Satu Cara Mengurangi Risiko Alergi Kambuh

Sumber: freepik.com

Alergen dapat berada di mana saja, bahkan beterbangan di udara. Dengan adanya air purifier ini, kamu bisa secara signifikan mengurangi jumlah alergen yang beterbangan, sehingga risiko alergi akan semakin rendah.

Dengan begini, gejala alergi akan lebih jarang muncul sebab ‘serangan’ dari alergen juga dapat dikurangi secara signifikan dalam skala harian.

 

Itu tadi sekilas tentang manfaat air purifier dan perannya dalam mengurangi risiko alergi yang muncul di dalam rumah. Sebagai pelengkap pada langkah pencegahan ini, selalu sediakan obat dengan kandungan cetirizine sebagai pertolongan pertama agar gejala alergi tidak memburuk. Dapatkan produk obat ini di apotek terdekat, dan selalu siap menghadapi alergi dengan langkah yang tepat!