Penyebab dan Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol, Simak Yuk!

  Senin, 18 Desember 2023 | 06:50 WIB
   Team Prosix
ep75.1.jpg

Sumber: Freepik

Sebagian orang mungkin pernah mengalami badan gatal-gatal dan bentol yang muncul di bagian tubuh tertentu atau seluruh tubuh. Mengalami alergi kulit bentol, bagaimana cara mengatasinya?

Bentol di kulit merupakan sebuah kondisi di mana kulit menjadi sedikit bengkak dan pada bagian tersebut warnanya menjadi merah. Bentol ini adalah sebuah reaksi vaskular dari kulit, dan merupakan salah satu penyebab kulit gatal. Bentol ini akan muncul dengan cepat dan biasanya akan menghilang secara perlahan.

Kira-kira, apa penyebab alergi kulit bentol? Bentol pada kulit memiliki berbagai macam penyebab, di antaranya adalah gigitan serangga dan juga mengalami alergi terhadap sesuatu. Bentol pada kulit yang disebabkan oleh alergi bisa saja terjadi ketika mengkonsumsi makanan penyebab alergi gatal, obat-obatan tertentu, ataupun bersentuhan dengan benda maupun bahan tertentu.

Penyebab Alergi Kulit Bentol

Penyebab Alergi

Sumber: Freepik

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa ada berbagai penyebab badan gatal-gatal bentol yang bisa dialami penderita. Gatal-gatal dan bentol yang muncul di kulit tentunya akan terasa tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan aktivitas sehari-hari terganggu. 

Berikut ini adalah beberapa penyebab gatal-gatal bentol di badan yang perlu diketahui.

  • Gigitan Serangga.
  • Urtikaria (Biduran). Ini adalah benjolan kemerahan yang menonjol pada kulit akibat reaksi alergi, di mana kondisi ini ditandai dengan bentol-bentol di kulit, sangat gatal, dan kadang disertai rasa nyeri atau panas.
  • Alergi. Ini adalah reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap suatu zat, bisa berupa makanan, cuaca, zat hirupan, ataupun obat. Kondisi ini biasanya bersifat menahun, berulang, dan bisa disebabkan karena faktor genetik sehingga tidak bisa disembuhkan secara menyeluruh.
  • Kulit Kering. Kulit kering adalah kondisi kulit dengan kadar air kurang atau rendah, sehingga kondisi ini dapat menyebabkan permukaan kulit kasar, bersisik, gatal-gatal, dan terkadang muncul bentol di permukaan kulit.
  • Penggunaan Obat-obatan. Kondisi ini bisa saja terjadi akibat efek samping obat-obatan atau reaksi alergi terhadap kandungan obat yang dikonsumsi.

Cara Mengobati Alergi Kulit Bentol

Cara Mengobati Alergi Bentol

Sumber: Freepik

Pada umumnya, alergi kulit bentol sering kali hanya menyebabkan reaksi alergi yang ringan saja. Kondisi ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus. Meski demikian, badan gatal-gatal dan bentol pasti mengganggu penderita, sehingga perlu melakukan perawatan untuk meredakan gejalanya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati badan gatal-gatal bentol yang bisa dilakukan:

  • Kompres dingin bisa dilakukan untuk mengurangi peradangan dan gatal pada kulit. Setelah kulit muncul bentol, cobalah untuk menempelkan kompres dingin selama 10-15 pada area kulit yang meradang tersebut, dan cara ini bisa diulangi sampai gejala berkurang.
  • Lotion calamine juga bisa digunakan untuk meredakan gatal, sakit, dan tidak nyaman pada kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi tertentu. Lotion ini biasanya digunakan untuk mengatasi bentol dan gatal-gatal di kulit akibat gigitan serangga.
  • Sementara itu, krim hidrokortison yang merupakan obat oles steroid yang memiliki sifat antiinflamasi, anti alergi, dan antipruritus (anti gatal) pada jaringan kulit dapat membantu mengurangi bentol kemerahan dan gatal pada kulit.
  • Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati alergi kulit bentol. Lidah buaya memang punya banyak manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk meredakan bentol-bentol dan gatal di kulit.
  • Konsumsi obat antihistamin. Ini adalah obat yang digunakan untuk mengobati gejala alergi pada kulit, seperti gatal-gatal dan bentol. Obat ini akan bekerja dengan cara menghambat histamin, yaitu zat yang dapat menimbulkan reaksi alergi apabila tubuh terpapar partikel-partikel alergen. 

Untuk mengobati alergi kulit bentol, pastikan kamu tidak menggaruk area kulit yang terasa gatal karena menggaruk justru dapat menimbulkan infeksi dan luka pada kulit. 

Jika hendak membeli obat anti alergi, pastikan kamu memilih obat yang tepat, ya! Beberapa jenis obat antihistamin yang bisa kamu beli di apotek adalah Chlorpheniramine Maleate, Diphenhydramine, Cetirizine,