Sekilas tentang Alergi Rumput, Waspada Ciri-Cirinya!

  Rabu, 28 Februari 2024 | 06:20 WIB
   Team Prosix
oktep34.1.jpg

Sumber: Freepik

Berbagai macam alergi bisa terjadi dan dialami oleh seseorang, bahkan alergi yang mungkin tidak terpikirkan seperti misalnya alergi rumput. Memang tidak terlalu awam terjadi, tapi kamu juga sebaiknya paham mengenai jenis alergi yang satu ini.

Secara mendasar, alergi rumput dialami seseorang yang merasakan munculnya gejala alergi setelah mengalami kontak dengan rumput atau serbuk sarinya. Secara umum alergi ini sebenarnya masuk ke jenis alergi pada serbuk sari yang dilepaskan tanaman pada musim-musim tertentu untuk berkembang biak.

Apakah Ada Ciri-Ciri Khususnya?

Ciri Alergi Rumput

Sumber: Freepik

Sebenarnya ciri-ciri dari alergi jenis ini yang paling jelas adalah munculnya gejala alergi ketika penderita mengalami kontak dengan rumput dalam bentuk gatal di area tersebut. Gejala juga bisa dipicu karena kontak dengan tanaman lain, atau serbuk sari yang berada di udara.

Setidaknya ada beberapa gejala yang muncul sebagai ciri seorang mengidap alergi.

  • Bersin-bersin
  • Hidung berair atau terasa tersumbat
  • Mata berair atau terasa gatal
  • Mata merah
  • Iritasi di bagian tenggorokan
  • Napas berbunyi atau mengi
  • Mengalami pembengkakan

Gejala alergi di atas sebenarnya masih dalam taraf ringan hingga sedang. Namun ketika gejala alergi sudah berubah ke tingkat yang lebih serius seperti kesulitan bernapas dan pembengkakan di saluran pernapasan, maka sangat dianjurkan untuk segera ke dokter guna memperoleh penanganan yang lebih serius.

Gejala alergi yang lebih serius juga dikenal dengan kondisi anafilaksis, atau istilah yang mirip. Kondisi ini merupakan kondisi gawat yang wajib mendapatkan penanganan segera dari tenaga medis atau dokter yang ahli, karena dapat mengancam keselamatan.

Cara Mengatasi Gejala Alergi Rumput yang Terlanjur Muncul

Cara Mengatasi Alergi Rumput

Sumber: Freepik

Meski cara terbaik agar tidak mengalami gangguan adalah dengan pencegahan, tapi kamu juga perlu tahu cara apa yang harus dilakukan ketika gejala alergi rumput mulai terjadi. Beberapa cara yang dianggap ideal antara lain adalah sebagai berikut.

  • Segera bilas area yang terkena kontak dengan rumput dengan air bersih yang hangat. Cara sederhana ini bisa membantu kamu meredakan gatal dan pembengkakan ringan yang terjadi di area yang bergejala alergi.
  • Gunakan kompres dingin. Kompres dingin juga bisa membantu meredakan rasa terbakar dan gatal yang muncul. Jika tidak ada cold pack, kamu bisa memakai kain yang dibasahi air dingin.
  • Gunakan obat pereda gejala alergi ringan hingga sedang. Obat-obatan seperti antihistamin, kortikosteroid, hingga obat yang mengandung Cetirizine. Obat seperti ini bisa membantu meredakan gejala alergi ringan hingga sedang, sehingga kamu bisa mencegah gejala lebih lanjut.
  • Menggunakan salep atau obat oles. Jika obat-obatan di poin sebelumnya berupa obat yang dikonsumsi dengan diminum, kamu juga bisa membubuhkan salep anti gatal atau anti alergi pada area kulit yang gatal dan terasa panas.

Jika gejala tidak kunjung terasa mereda, kamu bisa mengunjungi dokter kepercayaanmu untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Dokter akan memeriksa kondisi alergi, dan kamu bisa mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Ini 5 Langkah Sederhana Pencegahannya

Langkah Mencegah Alergi Rumput

Sumber: freepik.com

Seperti yang disampaikan di atas, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Beberapa langkah pencegahan sebenarnya bisa dibilang sederhana, tapi ampuh untuk mengurangi risiko alergi rumput kambuh.

  • Gunakan pakaian lengan panjang, kaos kaki, atau penutup bagian tubuh yang lain. Langkah ini bisa mengurangi paparan serbuk sari atau protein tertentu yang ada di rumput dan menjadi alergen.
  • Segera cuci tangan sesaat setelah menyentuh atau bersentuhan dengan rumput.
  • Setelah beraktivitas di luar ruangan dan kontak langsung dengan rumput segera mandi.
  • Secara rutin gunakan pelembap di bagian kulit untuk menjaganya tetap sehat.
  • Konsumsi obat antihistamin, seperti Cetirizine yang direkomendasikan dokter sebelum beraktivitas di area berumput bisa jadi pencegahan yang tepat.

Sebenarnya alergi rumput sendiri cukup jarang dialami, mengingat area berumput adalah area umum yang ada di ruang terbuka. Tapi jika memang kamu atau seseorang yang kamu kenal memiliki jenis alergi ini, maka tak ada salahnya selalu membawa obat Cetirizine sebagai pertolongan pertama pada gejala alergi yang muncul. Dapatkan obatnya di sini, dan semoga pengetahuan ini berguna!