Sekilas tentang Bentol-Bentol di Badan, Apa Penyebabnya?

  Senin, 18 Desember 2023 | 06:57 WIB
   Team Prosix
ep76.1.jpg

Sumber: freepik.com

Meski merasa dalam keadaan yang segar dan sehat, mungkin kamu pernah mengalami badan bentol-bentol tanpa sebab yang jelas. Tapi pasti ada pemicu keadaan ini yang tidak disadari. Bentol-bentol di badan adalah sebuah tanda tubuh mengalami sesuatu.

Pertanyaannya kemudian adalah, apa yang menjadi pemicu bentol-bentol ini? Padahal kamu merasa tidak mengalami alergi, tidak digigit serangga, tidak ada infeksi, dan sebagainya.

Kamu bisa melihat beberapa penyebab dari bentol yang muncul secara mendadak di artikel ini, dan mengetahui kira-kira poin mana yang menjadi pemicu keadaan yang kamu alami ini.

Apa Saja Pemicu Bentol-Bentol di Badan?

Pemicu Bentol-Bentol

Sumber: freepik.com

Bentol-bentol tidak mungkin muncul tanpa sebab yang memicunya. Hanya saja, mungkin kamu tidak sadar telah terjadi suatu hal yang membuat bentol-bentol ini muncul di badan. Beberapa pemicu dari kondisi ini sendiri antara lain adalah sebagai berikut.

  • Kondisi psikologis yang berat, seperti stres, kecemasan, hingga rasa tertekan atau depresi
  • Mengalami perubahan hormon selama masa kehamilan
  • Menderita penyakit kronis, mulai dari gangguan ginjal, diabetes, tiroid, kanker, hingga anemia defisiensi besi
  • Mengalami gangguan sistem saraf
  • Mengalami masalah kulit yang memicu iritasi seperti biang keringat, eksim, kulit kering, biduran, psoriasis atau dermatitis
  • Terjadinya infeksi
  • Reaksi dari alergi yang dialami dari debu, makanan, bahan kimia, kosmetik, deterjen, hingga gigitan serangga

Meski beberapa penyebab di atas cukup umum, namun bentol yang disebabkan oleh alergi memiliki ciri tertentu yang bisa kamu amati. Setidaknya dengan tahu ciri-ciri ini, kamu bisa memberikan penanganan yang tepat pada bentol karena alergi.

Ciri Khusus Bentol-Bentol yang Dipicu Alergi

Ciri Khusus Bentol-Bentol

Sumber: freepik.com

Ketika bentol yang muncul dipicu oleh alergi, beberapa kondisi spesifik akan terasa bersamaan dengan munculnya bentol tersebut.

1. Biduran

Munculnya bentol-bentol di badan dengan warna kemerahan ini akan disertai dengan rasa gatal yang terkadang panas atau menusuk. Kondisi ini juga dikenal dengan urtikaria

2. Muncul di Seluruh Tubuh

Rasa gatal dan bentol muncul nyaris di seluruh bagian tubuh kamu. Hal ini tidak hanya di bagian luar saja, tapi sampai ke bagian dalam seperti mulut, tenggorokan, hingga telinga.

3. Disertai Bengkak di Wajah

Bentol-bentol di badan yang muncul karena alergi juga akan disertai dengan pembengkakan di area wajah. Bibir, lidah, langi-langit mulut, serta sekitar mata. Kondisi ini dikenal dengan sebutan angioedema.

Saat alergi terjadi lebih ekstrem, kondisi anafilaksis bisa terjadi dan sudah tergolong gawat. Kondisi ini ditandai dengan kesulitan bernapas, sulit berbicara, hingga kehilangan kesadaran.

Obati Bentol di Badan dengan Tepat

Obat Bentol-Bentol

Sumber: freepik.com

Beberapa obat bisa kamu gunakan untuk meringankan bentol dan gatal yang kamu alami. Obat-obat tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek, dan ada juga yang harus menggunakan resep dari dokter.

  • Antihistamin, cocok untuk menghambat produksi histamin yang menjadi respons atas alergi. Tapi yang harus diingat adalah antihistamin ada yang dapat memicu kantuk. Obat antihistamin yang tidak menimbulkan kantuk dan paling umum digunakan salah satunya adalah Cetirizine yang cocok dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga dewasa.
  • Kortikosteroid, kortikosteroid akan diresepkan ketika bentol dan gatal yang dipicu oleh peradangan seperti eksim, dermatitis, atau gigitan serangga. Bentuknya krim atau tablet.
  • Obat oles nonsteroid, tersedia dalam bentuk losion, gel, bedak, atau krim, obat ini bisa meredakan gatal dan bentol.
  • Antidepresan, tidak hanya ampuh untuk meringankan gejala depresi, obat ini juga bisa mengobati gatal karena kelainan saraf atau masalah psikologis.
  • Antibiotik, ampuh untuk mengatasi bentol dan gatal karena infeksi bakteri.

Itu tadi sekilas penjelasan tentang bentol-bentol di badan yang muncul tanpa penyebab yang jelas. Kini kamu lebih tahu, dan bisa menyikapinya dengan tepat. Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter, dan dapatkan produk yang bisa membantu meredakan gejala alergi di sini secara langsung. Tetap sehat setiap saat!