Harus Tahu, Ini Perbedaan Biang Keringat dan Alergi

  Senin, 19 Agustus 2024 | 08:55 WIB
   Team Prosix
harus-tahu-ini-perbedaan-biang-keringat-dan-alergi_2Vs.jpg

Sumber: freepik via freepik.com

Kulit yang terlihat bruntusan dan gatal mungkin dialami banyak orang, dari mulai bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Tapi cukup banyak orang yang bertanya-tanya apakah ini efek biang keringat atau gejala alergi? Nah untuk tahu perbedaan biang keringat dan alergi, mari telusuri lebih dalam di bagian berikutnya dari artikel ini.

Dua kondisi ini memang cukup sulit dibedakan jika seseorang kurang cermat. Pada bayi atau anak-anak yang belum bisa berkomunikasi secara verbal, perbedaannya makin sulit dikenali karena sama-sama membuat mereka rewel.

Perbedaan Biang Keringat dan Alergi

Sumber: davidpereiras via freepik.com

Sejatinya biang keringat dan alergi adalah dua kondisi yang berbeda. Biang keringat, seperti namanya, disebabkan oleh keringat, bakteri, dan sel kulit mati yang terperangkap di bawah kulit. Hal ini terjadi karena hal yang disebutkan tidak dapat keluar ke permukaan kulit dan terjebak di bagian tersebut.

Alergi, di sisi lain, adalah respons alami tubuh pada zat yang dianggap berbahaya, dan tubuh melakukan fungsi pertahanan diri untuk mengeliminasi ancaman tersebut. Pelepasan histamin dan mengalirkannya ke aliran darah bertujuan agar ancaman ini dapat dihilangkan, namun justru memunculkan gejala alergi sebab sejatinya ancaman yang ingin diatasi oleh tubuh hanya kesalahan identifikasi saja.

1. Tanda Biang Keringat

Biang keringat bisa kamu kenali dari beberapa tanda spesifiknya. Misalnya muncul warna kemerahan pada kulit, kemudian rasa gatal yang membuat gelisah, serta terkadang disertai dengan kulit kering. Umumnya kondisi ini terjadi di area leher, punggung, ketiak, atau bagian tubuh lain yang cenderung sering berkeringat.

Pemicu utamanya adalah keringat, bakteri, dan sel kulit mati yang terperangkap di lapisan bawah kulit, serta diperparah dengan cuaca panas yang memicu keluarnya keringat sebagai upaya tubuh untuk mengendalikan suhu tubuh.

2. Tanda Alergi

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui secara umum, ketika seseorang mengalami alergi, rasa gatal dan ruam juga dapat terjadi. Namun demikian gejala alergi juga disertai dengan gangguan pencernaan, kemungkinan sesak napas, terjadi pembengkakan, dan bersin-bersin atau hidung berair. Tanda ini sangat umum dialami dan terjadi baik pada anak-anak atau orang dewasa.

Pemicu utama alergi adalah kesalahan identifikasi oleh sistem imun tubuh dalam mengenali protein tertentu yang dianggap berbahaya, sehingga dilakukan pelepasan histamin ke aliran darah untuk mengeliminasi ancaman ini. Produksi histamin berlebih inilah yang kemudian memicu gejala alergi yang kita kenal secara umum.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sumber: freepik via freepik.com

Untuk gejala atau kondisi alergi sendiri pengobatan yang dapat diberikan adalah dengan obat jenis antihistamin atau cetirizine yang dapat meredakan gejala ringan hingga sedang yang muncul karena dipicu alergen. Namun jika gejala yang muncul tak kunjung membaik, mendatangi dokter adalah langkah yang paling direkomendasikan.

Bagaimana dengan biang keringat?

Kondisi ini dapat diatasi dengan beberapa cara yang sebenarnya sederhana. Antara lain:

  • Menjaga kulit tetap dalam kondisi kering dan di suhu yang sejuk.

  • Menggunakan pakaian yang berbahan katun dengan sirkulasi udara yang baik.

  • Hindarkan gesekan pada permukaan kulit yang mengalami biang keringat.

  • Gunakan obat anti gatal seperti krim kortikosteroid atau lotion calamine.

  • Selalu jaga kebersihan tubuh dengan baik.

  • Gunakan kompres dingin di area yang mengalami biang keringat.

  • Konsumsi obat atau jalani perawatan yang direkomendasikan oleh dokter kepercayaanmu dalam urusan ini.

Sebenarnya tidak sulit untuk menghadapi biang keringat. Tapi seperti gejala alergi, ketika kondisinya tidak kunjung membaik setelah melakukan perawatan mandiri kamu juga disarankan untuk menemui dokter untuk berkonsultasi. Gejala biang keringat yang muncul bisa jadi tanda dari kondisi kesehatan yang lebih serius.

 

Itu tadi sekilas tentang perbedaan biang keringat dan alergi yang dapat dijelaskan secara singkat. Terapkan langkah pencegahan untuk biang keringat dan alergi, dan sediakan obat dengan kandungan cetirizine untuk menghadapi gejala alergi di tingkat ringan dan sedang dengan cepat!