Alergi di Leher Sangat Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya

  Rabu, 26 Juni 2024 | 18:05 WIB
   TEAM PROSIX
alergi-di-leher-sangat-mengganggu-ini-cara-mengatasinya_xhk.jpg

Pernah mengalami leher gatal? Gatal pada leher merupakan sensasi yang menggelitik dan menjengkelkan disertai dengan keinginan untuk menggaruk di bagian leher. Saat kita mengalami bagian leher yang gatal biasanya akan membuat frustasi, selain itu jika kita terlalu sering menggaruknya terkadang akan muncul ruam atau kemerahan di bagian leher. Sebenarnya gatal yang kamu rasakan di area leher bisa jadi karena alergi dan biasanya disebut alergi di leher.

Apa yang Menyebabkan Alergi di Leher?

Kulit leher yang terasa gatal sangat hebat, hingga kemerahan dan membengkak terutama saat digaruk, memang seringnya menandakan reaksi alergi. Alergi ini bisa muncul karena substansi tertentu yang berkontak dengan kulit (dermatitis kontak alergi), atau juga muncul karena tertelan/terhirup masuk ke dalam tubuh. Reaksi alergi bisa muncul saat sistem imun keliru menganggap kontak/masuknya substansi tertentu ke dalam tubuh sebagai suatu yang berbahaya, padahal sesungguhnya tidak. Akibatnya, tubuh akan distimulasi untuk memproduksi lebih banyak mediator kimiawi, terutama histamin, yang berperan dalam membuat kulit terasa gatal, kemerahan, dan juga bengkak.

Cara Menghilangkan Alergi di Leher yang Ampuh

Kabar baiknya, cara menghilangkan gatal di leher dapat dilakukan dengan melakukan pengobatan rumahan yang sederhana berikut ini.

1. Kompres Dingin

Salah satu cara menghilangkan gatal di leher yang ampuh adalah dengan menempelkan es batu yang sudah dibungkus handuk atau kain bersih ke area leher. Cara mengatasi ini dipercaya dapat meredakan rasa gatal di leher yang kamu alami. Namun ingat, jangan menempelkan es batu langsung ke permukaan kulit leher yang gatal karena dapat menyebabkan iritasi semakin parah.

2. Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat atau air suam-suam kuku juga bisa menjadi cara menghilangkan gatal di leher yang ampuh. Sebab, cara ini dapat membantu mencegah kulit semakin iritasi dan gatal sekaligus menjaga kulit agar tidak kering.

3. Pilih Produk Hypoallergenic

Bahan kimia dan wewangian yang terdapat dalam produk sabun atau perawatan kulit dapat berisiko mengiritasi kulit dan menimbulkan rasa gatal, tak terkecuali di area leher. Oleh sebab itu, penting memilih produk sabun atau perawatan kulit yang bersifat hypoallergenic alias tidak rentan menimbulkan alergi sehingga dapat mencegah timbulnya rasa gatal.

4. Hindari Menggaruk Area Leher yang Terasa Gatal

Hindari menggaruk leher gatal. Meski cara menghilangkan gatal di leher dapat meringankan rasa gatal sementara waktu, faktanya langkah ini dapat memperburuk area leher yang gatal bahkan menimbulkan rasa gatal pada leher yang parah dalam jangka panjang. Agar gatal tidak semakin parah dan menimbulkan luka, maka hindarilah menggaruk leher saat gatal.

5. Minum Obat Antihistamin

Minum obat antihistamin yang dijual bebas di apotek bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan gatal di leher yang disebabkan oleh reaksi alergi. Efek samping obat antihistamin yang bisa menyebabkan rasa kantuk, dapat membuat kamu tidur pulas walaupun kulit sedang gatal.

8. Pakai Obat Oles

Selain obat antihistamin, kamu bisa menggunakan obat topikal (oles). Ada berbagai krim kortikosteroid yang dijual bebas di apotek yang efektif sebagai cara menghilangkan gatal di leher.

Alergi di leher yang menyebabkan gatal biasanya bukan masalah yang cukup serius, akan tetapi dalam beberapa kasus yang terjadi hal ini dapat menandakan adanya gejala dari kondisi yang cukup serius yang mungkin memiliki komplikasi. Ada baiknya jika kamu mengalami gatal pada leher untuk segera mengatasinya dan mendapatkan perawatan yang tepat.