Waspada Alergi Kepiting, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

  Selasa, 28 November 2023 | 07:26 WIB
   Team Prosix
ep64.1.jpg

Sumber: freepik.com

Dalam dunia kuliner, kepiting adalah salah satu makanan yang memiliki rasa paling lezat. Teksturnya unik dan rasanya khas, membuatnya cocok diolah dalam berbagai masakan. tapi sayangnya hal ini tidak bisa dinikmati oleh kamu yang memiliki alergi kepiting.

Alergi kepiting terjadi ketika tubuh melepaskan histamin saat kamu memakan daging lezat ini. Sistem kekebalan tubuh mengidentifikasi daging kepiting, atau kandungan yang ada di dalamnya, sebagai zat berbahaya untuk tubuh dan kemudian meresponsnya dengan pelepasan histamin untuk melawannya.

Ini Gejala yang Sering Muncul pada Alergi Kepiting

Alergi Kepiting

Sumber: freepik.com

Alergi akan muncul dalam waktu singkat setelah daging kepiting masuk ke dalam tubuh. Tapi tidak selalu demikian, pada beberapa orang alergi baru terasa setelah beberapa jam. Gejala alergi karena makan kepiting ini sendiri lalu dibedakan menjadi gejala ringan dan gejala berat yang memerlukan penanganan cepat.

1. Gejala Ringan Alergi Kepiting

Beberapa gejala ringan yang sering muncul antara lain adalah sebagai berikut.

  • Ruam merah, ruam ini muncul karena adanya histamin yang memicu terjadinya peradangan di bawah kulit. Pada beberapa orang, ruam muncul lebih lama.
  • Gatal-gatal, ruam yang muncul juga biasanya akan disertai dengan gatal-gatal di bagian tersebut. Gatal sendiri dipicu karena bagian jaringan kulit memiliki sel khusus yang berfungsi melindunginya dari zat asing. Pada beberapa kasus, gatal justru terasa bukan di area ruam, tetapi di area langit-langit mulut, lidah, bibir, hingga tenggorokan.
  • Mual dan rasa ingin muntah, gejala ini muncul sebagai bentuk reaksi tubuh untuk mengeluarkan makanan yang dinilai sebagai ‘ancaman’ oleh antibodi dan histamin.
  • Diare, reaksi lain dari sistem pencernaan adalah diare. Respons tubuh ini serupa dengan mual dan muntah, sebagai upaya untuk mengeluarkan makanan yang menjadi alergen dari tubuh.
  • Pembengkakan, hal ini bisa terjadi di area sekitar bibir, di lidah, atau bahkan di area mata serta tenggorokan.
  • Gangguan pernapasan, ketika peradangan terjadi di area pernapasan, maka reaksi gangguan di saluran ini bisa muncul. Pada bentuk lain gangguan yang muncul adalah peradangan, pembengkakan, dan mengeluarkan lendir.

2. Waspadai Gejala Beratnya

Tidak hanya bisa mengalami gejala ringan, alergi kepiting yang kamu alami juga bisa menunjukkan beberapa gejala berat. Seperti yang disampaikan tadi ketika mengalami gejala berat sebaiknya kamu lekas ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat.

Ketika alergi yang muncul tidak segera ditangani, maka bisa saja kamu merasakan gejala yang semakin parah. Gejala alergi parah ini secara umum disebut dengan anafilaksis. Anafilaksis membuat sistem imun melepaskan bahan kimia yang jumlahnya banyak, sehingga memicu syok anafilaksis.

Efeknya adalah penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, saluran udara yang menyempit, sehingga menghambat pernapasan.

Kondisi ini sangat berbahaya dan harus segera dibawa ke dokter atau rumah sakit untuk memperoleh penanganan lebih profesional.

Cara Mengatasi Alergi Kepiting: Alami dan Medis

Alergi Kepiting

Sumber: freepik.com

Untuk mengatasi gejala alergi yang ditimbulkan dari konsumsi kepiting, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini.

  • Jeruk nipis atau lemon, menjadi salah satu makanan yang baik digunakan untuk menyembuhkan alergi makanan laut seperti kepiting. Minum segelas air hangat dengan perasan air jeruk nipis, maka gejala yang muncul bisa berkurang.
  • Makanan dengan kandungan vitamin E.
  • Secangkir wedang jahe, minuman tradisional ini bisa membantu mengurangi ruam yang dialami dan gatal yang dipicu karena alergi seafood seperti kepiting.
  • Jus sayuran, protein yang ada dalam jus sayuran bisa membantu mengurangi pembengkakan di area lidah. Kamu bisa menggunakan kombinasi wortel, timun, akar bit, dan bayam.
  • Obat anti alergi yang andal, kandungan antihistamin dalam obat alergi efektif membantu kamu mengobati gejala alergi yang muncul.

Penggunaan bahan alami untuk mengatasi alergi kepiting boleh saja dicoba, selama gejalanya ringan dan kamu tidak memiliki alergi pada bahan di atas. Tapi untuk obat antihistamin yang tepat untuk mengatasi gejala alergi ini, kamu bisa dengan mudah menemukannya dengan klik di sini. Selalu jaga kondisi tubuh dan pastikan mengatasi alergi kepiting dengan cara yang tepat!