Urtikaria Alergi atau Biduran: Gejala, Penyebab & Penanganan

  Selasa, 30 April 2024 | 03:42 WIB
   Team Prosix
oktep49.1.jpg

Sumber: Allergy & Asthma Network

Apakah kamu atau orang-orang di sekitarmu pernah mengalami urtikaria alergi atau dikenal dengan sebutan biduran? Tanda-tandanya muncul bintik-bintik bulat dan bengkak di kulit. Kemunculannya pun tidak terduga dan biasanya berlangsung sebentar atau selama berminggu-minggu jika termasuk kronis.

Jika kamu sedang mengalami biduran atau bahkan belum pernah, tetaplah tenang karena masalah alergi ini tidak membahayakan apabila cepat ditangani. Dengan mengenal gejala dan penyebabnya, biduran akan lebih mudah ditangani.

Gejala Alergi Biduran yang Muncul

Biduran atau urtikaria alergi gejalanya dapat muncul dan berkembang di bagian tubuh mana saja. Bintik-bintik bulat atau benjolan merah yang muncul berukuran kecil dan terkadang menyebar. Adapun gejala penyakit biduran gatal yang bisa diamati antara lain:

  • Bentol-bentol di kulit.
  • Muncul rasa gatal.
  • Kulit kemerahan.
  • Pembengkakan di bawah kulit dengan tepi yang jelas (dinamakan angioedema).
  • Bintik-bintik yang berkembang atau menyebar ke area tubuh yang lebih luas.
  • Pembengkakan hilang dan muncul kembali.

Penyebab yang Memungkinkan Biduran Bisa Terjadi

Urtikaria alergi disebabkan oleh pelepasan histamin dan mediator lainnya di dalam tubuh. Apabila pelepasan ini terjadi di lapisan luar kulit, maka akan timbul gatal-gatal. Biduran sering kali ditandai kondisi gatal-gatal akut yang bisa sembuh dengan cepat. Namun kondisi biduran lebih dari enam bulan lamanya, sudah termasuk kategori kronis.

Biduran bisa muncul tanpa sebab, namun diketahui ada banyak pemicu alergi atau alergen yang bisa memunculkan gejala biduran.

Mulai dari infeksi virus, gigitan serangga, serbuk sari, reaksi obat, alergi makanan, stres, gangguan autoimun, berkeringat, pakaian ketat air, sinar matahari, cuaca panas atau dingin yang ekstrem, dan penyebab lain yang tidak diketahui (idiopatik).

Perlu kamu ketahui, seseorang yang memiliki riwayat alergi sebelumnya, memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit gatal biduran ini.

Apa pun penyebab biduran yang kamu alami, jangan menyalahkan diri sendiri karena kondisi ini adalah reaksi alami dalam tubuh.

Sumber: Freepik

Bagaimana Cara Mengatasi Urtikaria Alergi?

Tak perlu khawatir berlebihan, gatal biduran bisa hilang dengan sendirinya. Namun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk cepat menanganinya:

  1. Minum obat antihistamin, seperti Cetrizine. Cara kerja antihistamin memblokir pelepasan histamin yang dihasilkan oleh tubuh dan menyebabkan terjadi alergi seperti gatal-gatal.
  2. Mengoleskan krim anti gatal. Untuk menangani biduran gatal yang cukup mengganggu, kamu bisa mengoleskan krim anti gatal pada area kulit yang gatal-gatal.
  3. Diberikan suntikan epinefrin atau adrenalin untuk kasus biduran yang parah, seperti pembengkakan di sekitar tenggorokan.
  4. Untuk mencegah biduran kembali terjadi, maka hindari alergen, mengelola stres, mengenakan pakaian longgar dan nyaman, pakai pelembap bebas pewangi, dan pastinya minum obat anti gatal sesuai resep.
  5. Konsultasikan kondisimu ke dokter jika belum kunjung membaik agar segera di berikan penanganan yang tepat.

Masalah biduran ini secara umum tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dengan minum obat alergi gatal biduran untuk meredakan gejalanya.

Jika gatal-gatal akibat urtikaria alergi sudah sangat mengganggu, maka penanganan pertama dengan segera minum obat anti alergi seperti Cetirizine Hydrochloride. Kandungan obat anti alergi ini bekerja menghentikan kerja histamin sehingga reaksi alergi cepat mereda.

Kamu bisa mendapatkan obat anti alergi yang dijual bebas di apotek terdekat maupun secara online.