9 Ciri-Ciri Anak Alergi Susu Sapi, Lakukan Deteksi Dini!

  Selasa, 30 April 2024 | 03:22 WIB
   Team Prosix
oktep46.1.jpg

Sumber: freepik.com

Alergi bisa saja muncul karena berbagai pemicu. Pada anak-anak, salah satu alergi yang cukup sering ditemukan adalah alergi pada susu sapi. Jika kamu memiliki anak kecil, atau memiliki saudara dengan anak usia dini, penting untuk tahu ciri-ciri anak alergi susu sapi agar bisa ditangani dengan baik.

Secara umum, alergi adalah reaksi berlebih yang diberikan oleh sistem imun pada zat yang diidentifikasi dapat membahayakan tubuh. Pada susu sapi, zat yang dianggap berbahaya ini biasanya adalah salah satu jenis protein tertentu, yang identik melekat pada susu sapi dan semua produk olahannya.

Kenali 9 Ciri-Ciri Anak Alergi Susu Sapi

Sumber: freepik.com

Setidaknya ada sembilan tanda yang muncul ketika si kecil mengalami alergi susu sapi. Tanda ini akan muncul secara acak, dan mungkin saja dalam tingkat keparahan yang berbeda. Namun satu hal yang pasti saat gejalanya memburuk, jangan ragu membawanya ke rumah sakit untuk penanganan profesional.

Sembilan tanda yang jadi ciri-ciri anak alergi susu sapi adalah sebagai berikut.

  1. Diare, salah satu reaksi paling cepat yang muncul saat alergi susu sapi terjadi dan paling mudah diamati. Saluran pencernaan tidak dapat menerima kandungan yang ada di dalam susu, dan bisa membuat si kecil kekurangan cairan tubuh jika tidak lekas diatasi.
  2. Perut kembung, perut si kecil juga bisa saja mengalami kembung yang disebabkan karena kondisi pencernaan tidak normal. Perut kembung ini dapat memicu rasa mual dan muntah.
  3. Napas berbunyi atau mengi. Gejala alergi cucu sapi ini juga bisa muncul dan menjadi indikasi si kecil sulit bernapas. Hal ini terjadi karena banyak lendir di saluran pernapasan, sehingga memicu gangguan di area tersebut.
  4. Batuk. Alergi susu sapi juga dapat memicu gejala berupa batuk karena reaksi dari saluran pernapasan yang sensitif. Secara alami, tubuh si kecil akan menolak zat yang terkandung di dalam susu, dan batuk pun terjadi.
  5. Bintik / ruam merah pada kulit. Ciri lain yang mudah diamati sebenarnya adalah munculnya bintik merah di permukaan kulit si kecil. Bintik merah ini juga bisa diiringi dengan rasa gatal, dan ruam merah yang menumpuk di kulit. Gejala ini cukup cepat muncul sebagai salah satu bentuk respons tubuh.
  6. Mata menjadi merah, jika terjadi pembengkakan dan mata menjadi kemerahan setelah si kecil minum susu sapi, maka kemungkinan besar si kecil mengalami reaksi alergi pada susu tersebut.
  7. Wajah terlihat membengkak, anak yang mengidap alergi susu sapi akan mengalami bengkak pada wajah ketika mengonsumsi susu sapi. Bengkak akan tampak di area bibir, pipi, dan bagian wajah lainnya. Ketika gejala ini muncul, kamu sebaiknya segera melarikannya ke rumah sakit terdekat.
  8. Muntah-muntah, ketika si kecil muntah sesaat setelah mengonsumsi susu sapi, maka bisa dipastikan ia mengalami alergi pada kandungan protein yang ada di dalam susu sapi tersebut.

Sembilan gejala ini dapat dikatakan jadi gejala alergi susu sapi paling sering muncul pada anak-anak. Tapi tidak bisa dikesampingkan bahwa ada juga gejala lain yang bisa muncul, seperti darah pada feses, kram perut, mata dan hidung berair, hingga mengalami kolik.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sumber: freepik.com

Cara terbaik untuk mencegah terjadinya gejala alergi ini tentu adalah dengan tidak memberikan makanan atau minuman dengan kandungan susu sapi di dalamnya. Namun jika si kecil terlanjur mengalami gejala alergi, ada tiga cara utama untuk mengatasinya.

1. Hentikan Konsumsi Susu Sapi

Dan produk yang memiliki kandungan susu sapi di dalamnya. Menghentikan konsumsi produk ini bisa membantu gejala yang muncul agar tidak bertambah parah sehingga si kecil bisa berangsur-angsur pulih dari gejala yang muncul.

2. Mengganti Susu yang Dikonsumsi

Si kecil tetap dapat memperoleh nutrisi penting yang terkandung dari susu dengan menggunakan alternatif produk susu lainnya. Produk yang dimaksud antara lain susu formula terhidrolisa ekstensif, susu formula asam amino, dan susu formula soya.

Kandungan nutrisi dalam ketiga susu alternatif tersebut bisa memberikan asupan yang diperlukan si kecil.

3. Konsumsi Obat Alergi yang Aman untuk Anak

Konsumsi obat alergi yang aman untuk anak juga dapat menjadi alternatif cara mengatasi gejala alergi susu sapi pada anak. Obat gejala alergi seperti Cetirizine aman dikonsumsi oleh anak-anak dalam dosis yang tepat sehingga membantu mengurangi keparahan gejala yang muncul.

Itu tadi sekilas tentang sembilan ciri-ciri anak alergi dan tiga cara mengatasinya. Selalu sediakan obat pereda gejala alergi yang aman untuk anak sebagai pertolongan pertama, yang dapat kamu peroleh di sini. Jangan ragu membawanya ke rumah sakit terdekat atau mengkonsultasikan dengan dokter kepercayaan jika gejala tidak membaik.