5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Rhinitis Alergi

  Senin, 10 Juni 2024 | 04:00 WIB
   TEAM PROSIX
makanan-yang-harus-dihindari-penderita-rhinitis-alergi_A6c.jpg

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Rhinitis Alergi

Sumber: freepik.com

Menjadi salah satu bentuk alergi yang cukup mengganggu  ketika muncul, rhinitis alergi wajib mendapatkan treatment yang tepat. Selain  pengobatan, konsumsi makanan juga harus diperhatikan karena terdapat sederet makanan yang harus dihindari penderita rhinitis alergi agar tidak semakin parah.

Rhinitis alergi adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan pada zat yang diidentifikasi sebagai bahaya untuk tubuh. Tubuh akan merespons dengan peradangan dan iritasi, terjadi di area selaput lendir dan menutup permukaan hidung, mata, dan sinus.

Bagi penderitanya, makanan bisa jadi pemicu munculnya gejala ini sehingga wajib cermat dalam memilah makanan yang dikonsumsi.

Mengacu pada sebuah artikel yang diunggah di situs vinmec.com, setidaknya ada lima makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita rhinitis alergi ini. Kelima golongan makanan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Makanan Dingin, Berlemak, dan Amis

Penderita rhinitis alergi sebaiknya membatasi asupan makanan bersifat dingin, berlemak, atau amis. Beberapa contoh paling mudah dikenali adalah udang, kepiting, bekicot, cumi, hingga teripang. Makanan-makanan ini dapat memperparah gejala alergi yang muncul.

Daging berlemak dapat mengiritasi tenggorokan penderita alergi ini. Selain itu, anjuran untuk mengurangi konsumsi air dingin, es krim, atau minuman dingin lain juga diberikan, karena dapat merangsang serangan bersin terus menerus, menyebabkan batuk, dan meningkatkan sekresi lendir di area pernapasan.

2. Makanan Pedas dan Berempah

Sumber: freepik.com

Makanan yang pedas dan berempah tidak bisa dipungkiri memang sedap untuk disantap. Tapi untuk kamu penderita rhinitis alergi, makanan jenis ini juga masuk dalam daftar teratas makanan yang harus dihindari.

Makanan pedas mudah memicu asam lambung naik ke leher, sehingga berdampak buruk untuk telinga, hidung, dan tenggorokan. Hal serupa juga berlaku untuk rempah, yang memberikan sensasi wangi di area hidung.

Hal ini ternyata juga dapat menjadi salah satu pemicu munculnya gejala alergi yang dirasakan dalam berbagai tingkat keparahan.

3. Makanan yang Jelas Memicu Alergi

Ketika kamu memiliki alergi pada makanan atau alergi pada zat yang terkandung di dalam makanan, maka otomatis makanan ini juga akan masuk dalam daftar yang kamu punya. Makanan yang harus dihindari penderita rhinitis alergi jelas adalah makanan yang sudah teridentifikasi sebagai alergen untuk tubuh.

Jenis makanan ini bisa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Tapi beberapa makanan yang secara umum menjadi pemicu alergi antara lain adalah daging sapi karena kandungan proteinnya yang tinggi, telur, daging ayam, seafood, kacang-kacangan, beberapa jenis buah, dan lain sebagainya.

Bahkan produk peternakan seperti susu sapi dan kambing juga bisa jadi pemicu munculnya gejala alergi yang dimiliki, sehingga harus diwaspadai. Buat saja daftar pribadi untuk poin ketiga ini, supaya kamu bisa lebih berhati-hati untuk memilih makanan.

4. Minuman Beralkohol

Sumber: freepik.com

Konsumsi minuman beralkohol memang sejatinya tidak  membawa manfaat kesehatan secara umum. Pada penderita rhinitis alergi, konsumsi jenis minuman ini juga sangat dianjurkan untuk dihindari sebab dapat membuat alergi yang dirasakan semakin parah.

Ketika dikonsumsi, minuman beralkohol dapat memicu dehidrasi di dalam tubuh, mengentalkan lendir yang ada di hidung, dan memicu pembengkakan selaput di hidung dan sinus. Jelas, hal-hal ini dapat memperburuk rhinitis alergi yang dirasakan.

Akan sangat baik jika konsumsinya dapat dikurangi, atau benar-benar dihentikan.

5. Beberapa Bahan Makanan Lain

Beberapa bahan makanan buatan juga diketahui bisa jadi pemicu rhinitis alergi semakin buruk. Misalnya saja pengawet, perasa buatan, hingga pewarna buatan. Pada dasarnya bahan artifisial ini terbuat dari campuran bahan  kimia yang diproduksi di dalam laboratorium.

Dengan daftar singkat ini, kini kamu tahu kira-kira makanan yang harus dihindari penderita rhinitis alergi. Tentu untuk daftar lengkapnya kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kepercayaanmu, supaya daftarnya makin lengkap dan sesuai dengan kondisi yang kamu punya. Untuk bisa terus bersiap menghadapi munculnya gejala alergi tersebut, kamu bisa dengan mudah mendapatkan obat dengan kandungan Cetirizine. Obat ini bisa diperoleh di sini, dan membantumu untuk  meringankan gejala alergi yang muncul dalam waktu singkat. Semoga berguna, dan tetap jaga pola makan sehat setiap hari!