4 Cara Mengatasi Alergi Seafood, Pastikan Langkahmu Benar!

  Rabu, 01 November 2023 | 09:14 WIB
   Team Prosix
ep28.1.jpg

Sumber: freepik.com

Jika ditanya makanan apa yang masuk dalam daftar paling lezat, tentu seafood tidak akan terlewat dari daftar yang dibuat. Memiliki rasa yang nikmat dan nutrisi yang kaya, nyatanya tak semua orang bisa merasakan kelezatannya karena memiliki alergi seafood.

Alergi seafood sendiri merupakan salah satu jenis alergi yang bisa muncul dan dialami ketika dewasa. Mungkin hal ini jadi hal yang cukup unik, karena biasanya alergi sudah dimiliki sejak masa anak-anak dan menjadi kondisi bawaan.

Kenali Ciri-Cirinya, dan Datangi Dokter Jika Semakin Parah

Sumber: freepik.com

Ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi pada protein yang ada di dalam makanan laut tertentu, maka alergi akan terjadi. Ciri dan gejala alergi ini cukup mudah dideteksi, karena akan muncul dalam waktu singkat setelah kamu mengkonsumsi seafood.

Ciri dari alergi seafood sendiri secara umum adalah sebagai berikut.

  • Beberapa bagian kulit terasa gatal dan kering atau muncul eksim
  • Perut terasa sakit, mengalami diare, mual, hingga muntah-muntah
  • Hidung tersumbat, mengalami mengi atau sesak napas
  • Terjadi bengkak di bagian bibir, wajah, lidah dan tenggorokan
  • Rasa pusing di kepala yang hebat hingga pingsan

Ciri di atas mungkin menjadi ciri umum ketika kamu mengalami alergi terhadap sesuatu. Tapi ketika kondisinya semakin parah, kamu harus segera mendatangi dokter untuk mendapat pertolongan lebih profesional.

Beberapa kondisi parah yang dimaksud pada ciri dan gejala alergi seafood adalah pembengkakan di tenggorokan sampai menyebabkan sulit bernapas, tekanan darah mengalami penurunan drastis, sakit kepala hebat, hingga kehilangan kesadaran.

Deretan Jenis Seafood Paling Sering Memicu Alergi

Sumber: freepik.com

Jika mungkin kamu berpikir alergi seafood hanya muncul ketika kamu mengkonsumsinya saja, well, kamu kurang tepat. Reaksi alergi ini bisa juga muncul ketika menghirup udara atau aroma seafood saat dimasak, memegang, hingga mencium aromanya saat dihidangkan.

Cukup merepotkan ya?

Nah beberapa makanan laut yang bisa memicu alergi sebenarnya cukup banyak. Mulai dari ikan tuna, ikan kod, ikan salmon, udang, kepiting, lobster, kerang, cumi-cumi, ikan kembung, ikan sarden, ikan teri, ikan trout, ikan pari, tiram, gurita, hingga kerang abalon.

Memang rasanya tidak bisa dipungkiri. Tapi daripada harus menanggung risiko alergi, tentu lebih baik dihindari bukan?

Cara Mengatasi Alergi Seafood dengan Efektif

Sumber: freepik.com

Untuk cara mencegah dan mengatasi alergi seafood yang sudah terlanjur terjadi, kamu bisa cek poin-poin berikut ini.

1. Hindari Produk Seafood

Jelas langkah ini harus selalu kamu pastikan. Tindakan pencegahan sederhana ini bisa menghindarkan kamu dari gangguan yang tidak menyenangkan karena tidak sengaja mengkonsumsi makanan dengan kandungan seafood.

Jangan ragu menanyakan pada pihak restoran atau tempat makan tentang komposisi makanan yang akan kamu pilih. Pastikan makanan yang dipilih tidak mengandung bahan makanan laut sehingga kamu alergi yang kamu punya tidak harus dirasakan.

Hindari juga tempat pengolahan seafood atau lokasi-lokasi yang sekiranya menyajikan, memajang, atau melakukan pengolahan makanan laut ini. Memang akan cukup merepotkan, tapi demi agar alergi tidak muncul dan agenda tidak terganggu, hal ini perlu dilakukan.

2. Bawa Obat Antihistamin sebagai Solusi

Mungkin jika kamu memiliki alergi, obat antihistamin sudah tidak lagi asing. Obat ini digunakan untuk mengatasi alergi seafood yang dirasakan, dan bekerja dengan baik untuk berbagai jenis alergi yang mungkin saja kamu punya.

Tapi bagaimanapun juga, setiap obat memiliki dosis wajar yang dapat dikonsumsi. Jadi jangan ragu menanyakannya ke dokter kepercayaanmu atau tenaga kesehatan di Apotik untuk mendapatkan saran dosis yang tepat untuk mengkonsumsi obat ini ketika alergimu kambuh.

3. Obat dengan Kandungan Cetirizine Hydrochloride

Opsi obat lain yang dapat digunakan adalah obat dengan kandungan Cetirizine Hydrochloride. Obat ini dapat Anda temukan dengan mudah, salah satunya dengan klik langsung di sini, dan kamu akan dibawa ke laman pembelian.

Obat seperti ini bisa membantu mengatasi berbagai alergi termasuk alergi seafood. Alergi lain yang juga bisa diobati gejalanya dengan obat ini adalah alergi dingin, alergi makanan, dan juga alergi debu. Cukup mudah digunakan, ada baiknya kamu selalu membawa obat ini kemanapun kamu pergi jika memang memiliki alergi yang mudah kambuh.

4. Suntikan Adrenalin untuk Kondisi Berat

Ketika gejala yang muncul pada alergi sudah semakin berat dan mengganggu, maka suntikan Adrenalin akan jadi solusinya. Adrenalin akan disuntikkan ke otot tengah paha, agar bekerja cepat untuk mengurangi pembengkakan tenggorokan dan membuka saluran udara.

Suntikan ini juga ditujukan untuk menjaga fungsi jantung dan menjaga tekanan darah, agar tidak drop ke titik yang membahayakan jiwa.

Karena sifatnya yang sangat keras, pengobatan ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Pastikan tindakan dilakukan oleh dokter secara langsung yang benar-benar mengetahui apa yang dilakukannya sehingga tujuan pengobatan ini dapat tercapai.

Menyikapi alergi seafood tentu harus dilakukan dengan cermat dan sesuai rekomendasi, agar tidak terjadi gejala yang lebih parah dan efek samping yang membahayakan. Selalu membawa obat-obatan yang dapat diandalkan akan jadi salah satu langkah persiapan yang baik untuk berjaga-jaga. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan obat-obatan untuk berbagai jenis alergi tersebut di sini, dan langsung check out. Semoga bermanfaat, dan selalu jaga kesehatan kapanpun dan dimanapun!