6 Alergi Paling Aneh yang Ada di Dunia, Ada Alergi Air!

  Senin, 19 Agustus 2024 | 07:50 WIB
   Team Prosix
6-alergi-paling-aneh-yang-ada-di-dunia-ada-alergi-air_TYb.jpg

Sumber: sodawhiskey via freepik.com

 

Menjadi salah satu kondisi kesehatan bawaan yang akan terus ada sepanjang usia, alergi ternyata memiliki bentuk yang sangat beraneka ragam. Mungkin kamu banyak mengetahui tentang alergi seafood, alergi telur, dan sejenisnya. Tapi apa yang ada di bayanganmu saat membahas alergi paling aneh?

Sebenarnya, alergi sendiri sudah menjadi sebuah anomali pada sistem kesehatan tubuh manusia. Alergi menjadi wujud nyata respons daya tahan tubuh pada protein yang dianggap sebagai ancaman, namun beberapa alergi paling aneh di dunia benar-benar tidak terpikirkan dan unik.

Untuk tahu beberapa alergi yang paling aneh di seluruh dunia dan diidap oleh seseorang, kamu bisa cermati penjelasan di bawah ini.

1. Alergi WiFi

Di era serba canggih seperti sekarang ini, keberadaan WiFi menjadi sebuah kebutuhan. Tapi uniknya terdapat orang yang mengidap alergi WiFi. Orang yang mengidap alergi ini akan menunjukkan tanda alergi ketika berada di tempat dengan sinyal WiFi.

Tubuh seorang penderita alergi WiFi memiliki kondisi electromagnetic hypersensitivity atau biasa disebut dengan EHS. Gejala yang muncul dapat beragam, mulai dari pusing, mengalami iritasi kulit, bahkan hingga mimisan.

Meski belum dinyatakan sebagai diagnosis medis, namun EHS hingga saat ini masih terus dipelajari untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari penderita alergi tersebut.

2. Alergi Paling Aneh, Alergi Olahraga

Sumber: stockking via freepik.com

Bukan karena malas atau tidak ingin bergerak, dinyatakan sekitar 2% populasi manusia di dunia mengalami alergi olahraga. Alergi ini muncul karena aktivitas fisik yang terlalu berat, sehingga merangsang sistem imun tubuh untuk mengeluarkan antibodi.

Gejalanya mirip dengan alergi pada umumnya, yakni gatal-gatal di kulit, ingusan, gangguan pencernaan, hingga penurunan tekanan darah secara drastis dalam waktu singkat. Uniknya alergi ini justru lebih sering terjadi pada orang-orang yang gemar berolahraga, yang notabene memiliki metabolisme tubuh yang baik dan kerja organ yang bagus.

3. Ketiga, Alergi Sperma

Terdengar sangat aneh, tapi ternyata alergi sperma benar-benar dialami oleh segelintir orang yang ada di dunia. Alergi ini umumnya diderita oleh wanita, dan menunjukkan gejala dalam waktu singkat di area yang mengalami kontak dengan sperma.

Gejalanya adalah gatal hingga bengkak, bahkan dapat pula mengalami kesulitan bernapas. Meski terdengar jadi salah satu hambatan besar untuk dapat bereproduksi, namun wanita dengan alergi ini tetap dapat dibuahi dengan cara lain, seperti penyuntikan atau inseminasi buatan.

Alergi ini sangat jarang ditemukan, dan menjadi salah satu alergi paling aneh yang ada di dunia.

4. Alergi Sentuhan, Menulis di Kulit

Sumber: kirisa99 via freepik.com

Disebut dengan istilah dermographism, alergi ini benar-benar bisa membuat penderitanya ‘menulis’ di atas permukaan kulit. Diderita sekitar 4% dari populasi yang ada di dunia, alergi sentuhan akan muncul setiap kali kulit terkena sentuhan.

Gejala yang muncul jelas pada permukaan kulit yang menerima sentuhan. Bagian ini akan timbul ruam, dan bertahan hingga 30 menit.

5. Alergi pada Air

Aquagenic urticaria, merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut orang dengan kondisi alergi air. Sentuhan pada air akan memicu rasa gatal dan ruam, atau biduran. Daya tahan tubuh melepaskan histamin saat kontak dengan air terjadi.

Cukup merepotkan karena praktis setiap kegiatan yang dilakukan akan sering berkenaan dengan air, namun sayangnya alergi ini tidak dapat disembuhkan. Salah satu cara mengatasinya adalah mengoleskan krim anti-pruritic untuk sekedar meredakan rasa gatalnya.

6. Alergi Sinar Matahari

Sumber: freepik via freepik.com

Menjadi penutup dari daftar alergi paling aneh di dunia pada artikel ini, alergi sinar Matahari bisa jadi salah satu yang paling unik. Gejala yang bisa muncul adalah biduran atau ruam di seluruh bagian tubuh yang terpapar sinar Matahari.

Gejala lain yang bisa muncul adalah mual-mual, rasa pusing, hingga kesulitan bernapas. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan penggunaan tabir surya, dan selalu membawa obat antihistamin atau cetirizine guna mengatasi efeknya ketika muncul.

 

Itu tadi setidaknya 6 alergi paling aneh yang ada di dunia, dan diderita sangat sedikit orang. Tentu untuk pengobatan dan perawatan dapat dilakukan dengan berkonsultasi dengan dokter. Namun sebagai langkah antisipasi, kamu dapat menggunakan obat dengan kandungan cetirizine agar gejala yang muncul dapat segera diredakan dan tidak berdampak serius. Semoga bermanfaat!