6 Tanaman Pembersih Udara, Ternyata Banyak Manfaatnya Lho!

  Jumat, 27 Oktober 2023 | 05:13 WIB
   Team Prosix
ep10.1.jpg

Sumber: freepik.com

Siapa di antara kamu yang membaca artikel ini ingin memiliki tempat tinggal yang nyaman untuk ditinggali? Penataan ruangan menjadi  krusial, termasuk dengan meletakkan berbagai elemen seperti tanaman pembersih udara dalam ruangan.

Tanaman-tanaman yang akan ada di daftar ini bisa kamu pertimbangkan untuk diletakkan di dalam ruangan rumah, dan membantu membersihkan udara. Jelas, udara yang bersih akan membantu kamu menjadi lebih sehat, karena kontaminan yang ada di dalamnya akan diserap oleh tanaman-tanaman ini seiring berjalannya waktu.

Ragam Tanaman Pembersih Udara yang Bisa Jadi Opsi

Sumber: freepik.com

Jika dirinci seluruh jenis tanaman pembersih udara, jelas daftarnya akan sangat panjang. Tapi mari kita kerucutkan ke dalam beberapa tanaman yang tidak hanya bisa menjalankan fungsi ini, tapi juga menambah nilai estetis di dalam ruangan tempat tinggalmu.

1. Sirih Gading, Cocok untuk Hiasan Meja

Bentuknya yang sederhana dan mungil sangat cocok menghiasi meja yang ada di rumah kamu. Cukup mudah, tanaman pembersih udara yang pertama ini cukup diletakkan di pot kecil dengan batu hias dan dengan ditambahkan air saja.

Warna utama yang muncul adalah hijau pada daun dan semburat kuning dari lapisan lilin yang ada di permukaan daun tanaman ini.

2. Lidah Mertua, Tajam

Memiliki nama lain sansevieria, tanaman ini cukup umum ditemukan di rumah-rumah yang ada di Indonesia. Selain memiliki bentuk yang unik dan unik, ternyata lidah mertua juga dapat membuat udara di dalam rumah lebih bersih.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah cara menyiramnya, yakni jangan terlalu banyak air karena bisa membuat akarnya lekas busuk.

3. Peace Lily

Bisa memberikan elemen warna putih yang kontras dengan daunnya yang hijau gelap, peace lily juga jadi salah satu tanaman yang dapat menyaring udara kotor hingga senyawa berbahaya. Bentuk daunnya mungkin terlihat biasa, tapi bunga dari tanaman ini indah dan sedap dipandang.

Untuk peace lily sendiri, sebaiknya dijauhkan dari jangkauan peliharaan seperti anjing dan kucing. Sebab tanaman indah ini ternyata beracun untuk dua hewan kesayangan kamu tersebut.

4. Bunga Krisan

Yap, tanaman pembersih udara yang keempat tidak lain adalah bunga krisan. Bunga yang cukup populer karena memiliki aneka warna ini bisa membantu kamu membersihkan udara di dalam ruangan, karena bisa menyaring racun dan senyawa berbahaya dari plastik, deterjen, dan lem yang berhamburan di udara.

Warnanya yang beragam bisa dengan mudah dikombinasikan dengan tema ruangan yang kamu punya.

5. Palem Bambu

Jika kamu ingin memberikan sensasi yang lebih unik untuk ruangan di dalam rumah, palem bambu bisa jadi solusinya. Bentuknya yang ramping dengan daun yang tipis memanjang bisa membuat ruangan tampak lebih lebar.

Selain itu, tanaman ini bisa membantu menyaring udara kotor dan senyawa berbahaya sehingga ruangan terasa lebih segar dan berhawa sejuk.

6. Rubber Tree

Menjadi solusi untuk tanaman pembersih udara dalam ruangan yang tidak ‘rewel’, rubber tree ini bisa kamu pilih. Kemampuannya menyerap senyawa berbahaya dari udara juga bisa membantu menjaga kelembaban, sehingga ruangan lebih nyaman.

Cukup dengan diberi nutrisi dan disiram secara teratur, tanaman ini akan tumbuh dengan baik. Pastikan juga berikan asupan sinar matahari sehingga tanaman ini bisa hidup dan terus berkembang.

Manfaat Udara Bersih untuk Kesehatan

Sumber: freepik.com

Selalu menjaga kualitas udara tetap baik di lingkungan rumah tidak hanya membantu kamu bernafas dengan lebih segar, tapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

  • Menjaga kesehatan saluran pernapasan, udara yang kotor menjadi penyebab utama berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan pernapasan. Mulai dari sesak napas, batuk, penumpukan lendir di jalur napas, hingga radang tenggorokan dan alergi
  • Membantu menurunkan risiko penyakit kronis, risiko penyakit kardiovaskular bisa diturunkan, hingga risiko beberapa penyakit kanker. Udara yang segar akan menjaga tubuh tetap prima
  • Memperpanjang usia, dalam sebuah artikel, disebutkan pernyataan WHO tentang setidaknya 7 juta orang meninggal dunia setiap tahun karena menghirup udara yang tercemar polusi. Artinya ketika udara terjamin kebersihannya, harapan usia juga akan lebih panjang
  • Baik untuk stamina dan fokus, ketika kamu terbiasa menghirup udara bersih, maka tubuh akan terasa lebih segar dan berenergi. Aktivitas yang dijalankan bisa memberikan output lebih baik, sehingga hari-hari terasa lebih produktif

Langkah pencegahan dan upaya membuat udara di rumah tetap bersih bisa dilakukan dengan menempatkan tanaman pembersih udara di ruangan-ruangan rumah. Selain menambah estetika, tanaman ini juga akan berperan aktif dalam menjaga kebersihan udara, dengan menyaring udara kotor sehingga menjadi lebih bersih.

Sedikit dibahas mengenai manfaat menjauhkan risiko alergi, kamu juga perlu tahu benar cara penanganan ketika alergi terlanjur terjadi. Dengan menggunakan obat yang tepat, kamu bisa meredakan gejala alergi dan lekas beraktivitas seperti normal tanpa gangguan. Pastikan memilih obat yang handal dengan kandungan tepat, dan mulailah hidup sehat sekarang juga!