7 Pemicu Bintik Merah pada Kulit paling Umum, Cermati di Sini!

  Senin, 13 November 2023 | 04:28 WIB
ep40.1.jpg

Sumber: freepik.com

Indonesia terletak di area tropis, dan memberikan banyak sekali suplai sinar matahari pada penduduknya. Tak heran jika kulit orang Indonesia cenderung sehat, dan memiliki pigmen yang kuat. Tapi pernahkah kamu mengalami kondisi bintik merah pada kulit?

Kondisi bintik merah pada kulit sendiri bisa dipicu banyak hal, dan sebenarnya lebih baik diperiksakan ke dokter. Apalagi ketika kondisi ini muncul dengan gejala atau kondisi lain yang mulai mengganggu, maka berobat adalah jalan terbaik.

Tapi mari coba petakan apa saja kira-kira penyebab bintik merah ini. Apakah selalu dipicu alergi?

Penyebab Bintik Merah pada Kulit

Sumber: freepik.com

Sebenarnya bintik merah sendiri adalah kondisi yang cukup umum terjadi karena reaksi atas berbagai hal. Mulai dari akibat paparan sinar Matahari, iritasi ringan karena polusi, efek alergi, namun juga dapat menjadi tanda adanya kondisi kesehatan yang harus diwaspadai.

Secara umum ada beberapa penyebab yang bisa memicu terjadinya bintik merah, seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Pityriasis Rosea

Kondisi ini adalah peradangan pada kulit sehingga memicu adanya bintik merah. Dugaan terbesar hal ini dikarenakan adanya infeksi virus. Tanda utamanya adalah muncul bintik merah di area dada, punggung, dan perut. Bercak berbentuk oval, atau bersisik dan menonjol mirip dengan kurap.

2. Ruam Panas

Dikenal dengan sebutan biang keringat, terjadi karena pori-pori kulit tersumbat saat tubuh berkeringat. Hal ini bisa saja kamu alami saat olahraga atau berada di cuaca panas dan lembab. Akan muncul sensasi gatal atau nyeri, tapi cenderung tidak berbahaya.

3. Dermatitis Kontak

Kondisi ini terjadi ketika kulit bersentuhan dengan alergen. Bisa muncul seketika atau tertunda beberapa saat, tapi efeknya adalah bintik merah, gatal, hingga sensasi terbakar.

4. Herpes Zoster

Penyebab bintik merah pada kulit keempat adalah herpes zoster. Bintik merah ini terasa menyakitkan, dan bisa disertai dengan efek lepuh. Penyebabnya adalah virus Varicella Zoster, yang merupakan virus yang sama dengan penyebab cacar air.

5. Kurap

Bentuk bintik merah yang muncul mirip dengan jerawat, dengan tekstur menonjol dan pola melingkar. Dipicu oleh jamur dan bisa muncul di mana saja, penyakit ini dengan mudah bisa menular.

6. Psoriasis

Keenam adalah psoriasis. Kondisi ini dipicu oleh penyakit autoimun yang menyebabkan bercak bersisik serta rasa gatal di area siku, lutut, bagian kulit kepala, dan bagian tubuh lainnya. Sel kulit yang tumbuh lebih cepat dari biasanya membuat kulit jadi menebal.

7. Ruam Obat

Alergi pada obat juga bisa menjadi penyebab munculnya bintik merah pada kulit. Tingkat keparahannya bervariasi, dan pada saat sudah sampai kondisi parah dan mengganggu sebaiknya kamu datang ke dokter untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

Memang beberapa alergi bisa memicu terjadinya bintik merah ini. Tapi penyebab lain seperti yang disebutkan di atas juga harus diketahui, sehingga kamu bisa menyikapinya dengan tepat.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sumber: freepik.com

Untuk mengatasinya sendiri sebenarnya hal paling tepat adalah mengetahui apa penyebabnya. Secara umum langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyikapi hal ini adalah sebagai berikut.

  • Konsultasi dengan dokter
  • Berendam pada larutan baking soda
  • Mengoleskan gel lidah buaya
  • Mandi menggunakan oat
  • Gunakan kompres dingin
  • Gunakan minyak kelapa
  • Gunakan obat steroid jika diperlukan
  • Konsumsi obat antihistamin
  • Gunakan krim anti gatal

Dari banyak langkah di atas, jika benar penyebab bintik merah ini adalah alergi, maka konsumsi obat bisa menjadi opsi terbaik setelah berkonsultasi dengan dokter. Tentu saja, pemilihan obat yang tepat akan membantu kamu lekas pulih dari kondisi yang mengganggu ini.

Untuk memilih obat bintik merah pada kulit karena alergi kamu bisa dengan mudah mengklik tautan berikut ini. Obat dengan kandungan Cetirizine menjadi obat yang ampuh untuk urusan alergi, dan aman dikonsumsi oleh anak-anak. Tetap jaga pola hidup sehat, dan jangan ragu berkonsultasi dengan dokter untuk menangani setiap masalah kesehatan yang kamu hadapi!