Alergi Gigitan Nyamuk, Langka tapi Ada

  Senin, 15 Juli 2024 | 03:12 WIB
   Team Prosix
alergi-gigitan-nyamuk-langka-tapi-ada_C1d.jpg

Sumber: freepik.com

Karena alergi bisa datang dan dipicu apa saja, maka menjadi seorang yang waspada adalah jalan paling tepat untuk menghindari gangguan dari kondisi ini. Salah satu alergi yang sebenarnya jarang dialami tapi penting diketahui adalah alergi gigitan nyamuk.

Salah satu akibat yang muncul karena gigitan nyamuk jelas bentol, atau rasa gatal pada bekas gigitan. Tapi tidak hanya itu, gigitan serangga ini juga bisa memicu reaksi alergi pada tubuh, yang memang punya kondisi bawaan alergi gigitan nyamuk.

Penyebab Sindrom Skeeter

alergi gigitan nyamuk

Sumber: freepik.com

Alergi gigitan nyamuk juga disebut dengan sindrom skeeter. Pada proses ketika nyamuk ‘menggigit’ manusia, nyamuk akan mengeluarkan sejumlah protein untuk mencegah penggumpalan darah supaya bisa menyedot darah targetnya dengan lancar.

Tapi ketika hal ini dialami orang dengan sindrom skeeter, maka akan muncul reaksi alergi yang parah. Penyebabnya adalah tubuh mengidentifikasi protein ini sebagai zat yang berbahaya, dan harus segera dienyahkan dari tubuh.

Secara sains, sindrom ini hanya akan terjadi ketika nyamuk melakukan kontak dengan kulit minimal enam detik lamanya. Ketika hal ini terjadi, reaksi alergi dapat muncul pada penderita alergi gigitan nyamuk dalam waktu singkat.

Kenali Gejalanya dan Berikan Penanganan Cepat

alergi gigitan nyamuk

Sumber: freepik.com

Gejala alergi ini akan dipengaruhi berapa lama nyamuk menempel, dan berapa besar ukuran si nyamuk. Semakin lama ia menempel dan semakin besar ukuran nyamuknya, maka semakin parah gejala yang muncul. Beberapa gejala umum adalah sebagai berikut.

  • Daerah yang kontak dengan nyamuk mengalami gatal lebih luas

  • Bentol yang relatif lebih besar dibanding bentol biasa

  • Muncul memar di area bekas gigitan

  • Muncul radang pada sistem getah bening

Gejala-gejala di atas menjadi efek paling umum, yang dapat digolongkan menjadi gejala ringan hingga sedang. Tapi jika kamu mengetahui gejalanya sudah semakin berat, maka lebih baik segera mencari pertolongan medis.

Gejala berat yang dimaksud antara lain adalah demam, sakit kepala, mual dan muntah, muncul ruam di seluruh tubuh, rasa lelah, sensitif pada cahaya, lemah otot di salah satu sisi tubuh, hingga penurunan kesadaran. Tanda ini bisa jadi tanda seorang mengalami anafilaksis, yang jika tidak lekas mendapatkan pertolongan dapat membahayakan jiwa.

Penanganan Tepat untuk Sindrom Skeeter 

alergi gigitan nyamuk

Sumber: freepik.com

Memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Tapi ketika hal ini sudah terjadi, ada beberapa langkah sederhana tapi efektif yang bisa kamu terapkan untuk menyikapi agar gejala yang muncul tidak semakin parah dan berangsur membaik.

  • Pertama, cuci kulit yang terkena gigitan dengan es. Hal ini bertujuan supaya peradangan yang dialami berkurang, bersamaan dengan penurunan intensitas rasa sakit, gatal, dan warna kemerahan yang muncul.

  • Kedua, jangan menggaruk bagian kulit yang terasa gatal karena justru bisa membuat kulit lecet dan mudah terjadi infeksi.

  • Ketiga, kamu bisa menggunakan obat-obatan yang dijual bebas untuk menangani gejala alergi. Obat alergi ini biasanya bisa didapatkan dengan mudah, di apotek atau dengan rekomendasi dokter. Beberapa obat seperti obat yang mengandung cetirizine bisa menjadi solusi mengatasi gejala ringan hingga sedang agar semakin reda.

  • Keempat, jika gejala yang muncul semakin berat dan tidak memperlihatkan tanda-tanda membaik, segera hubungi dokter dan bawa penderita gejala alergi gigitan nyamuk ke fasilitas kesehatan terdekat.

 

Disampaikan dalam salah satu artikel di healthline.com, beberapa golongan orang lebih berisiko mengalami alergi ini. Mulai dari laki-laki, wanita dalam masa kehamilan, orang dengan berat badan berlebih, orang dengan golongan darah O, orang yang baru saja menjalani latihan fisik, hingga orang yang rutin mengonsumsi minuman sejenis bir.

Itu tadi sekilas tentang alergi gigitan nyamuk yang bisa disampaikan di artikel singkat ini. Tentunya menjaga agar tidak sampai terkena gigitan nyamuk lebih direkomendasikan. Tapi menyediakan obat alergi cepat seperti obat dengan kandungan cetirizine akan jadi solusi yang tepat sebagai pertolongan pertama. Dapatkan obat tersebut di sini, dan semoga artikel ini membantu!