Berapa Lama Ruam Alergi Hilang dan 6 Cara Mengatasinya

  Senin, 17 Juni 2024 | 03:53 WIB
   Team Prosix
berapa-lama-ruam-alergi-hilang-dan-6-cara-mengatasinya_W0h.jpg

Dermatitis kontak ditandai dengan munculnya ruam gatal yang disebabkan oleh terjadinya kontak langsung dengan suatu zat atau reaksi alergi terhadapnya. Ruam ini bersifat tidak menular, namun bisa sangat tidak nyaman. Sebagai salah satu reaksi alergi, berapa lama ruam alergi hilang dengan sendirinya?

Sebelum mengetahui jawaban berapa lama ruam alergi hilang, kamu perlu tahu mengapa ruam di kulit bisa terjadi. Reaksi alergi kulit akibat berkontak langsung dengan pemicu ini dinamakan dermatitis kontak. Contoh pemicu alergi yang bisa menimbulkan reaksi seperti kandungan dalam kosmetik, wewangian, perhiasan, tanaman, bahan kimiawi, lateks, dan lainnya. 

Berapa Lama Ruam Alergi Hilang dengan Sendirinya?

Seperti yang sudah dipaparkan, ruam alergi bisa muncul akibat seseorang kontak langsung dengan zat pemicu alergi atau disebut dengan alergen. Ruam pada kulit sering kali muncul dalam beberapa hari setelah terpapar alergen. Berapa lama ruam alergi hilang? 

Intinya, gejala alergi kulit seperti muncul ruam, kemerahan, gatal, dan bengkak, sering kali hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua minggu, dengan atau tanpa pengobatan. Namun durasi lamanya ruam alergi bisa hilang juga tergantung pada tipe reaksi alergi yang dialami setiap orang. 

Kebanyakan ruam akibat reaksi alergi tidak membahayakan karena penderitanya bisa mengobati ruam dengan perawatan rumahan dan obat-obat anti alergi yang bisa didapatkan dengan mudah.

Kondisi ruam yang terus menyebar di permukaan kulit disertai demam atau masalah pernapasan, memerlukan perhatian medis sesegera mungkin. Untuk langkah preventif, bisa dengan menghindari pemicu ruam agar tidak terjadi reaksi alergi setelah terpapar alergen. 

Bagaimana Cara Mempercepat Proses Ruam Alergi agar Hilang?

Ada beberapa cara mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses ruam alergi di kulit agar cepat hilang dan lekas membaik. 

1. Hindari Kontak dengan Pemicu Alergi atau Alergen

Ini mungkin terdengar klasik, namun perlu untuk selalu diingatkan kepada penderita alergi. Sebaiknya kamu selalu berhati-hati dan menghindari kontak langsung dengan apa-apa yang dapat memicu alergi kambuh.

2. Kompres Dingin untuk Menenangkan Ruam

Lakukan kompres dingin atau mandi untuk membantu menenangkan ruam yang terasa membara di kulit. Keringkan permukaan ruam kulit dengan lembut lalu lembapkan dengan produk pelembap yang menghidrasi kulit.

3. Rendam Kulit dengan Campuran Oatmeal

Kamu bisa mencoba tips mempercepat gejala alergi lekas mereda dengan merendam kulit di dalam campuran oatmeal koloidal dan air hangat. Cara ini bisa menenangkan kulit yang meradang, namun bagi sebagian orang justru bisa alami reaksi. 

4. Oleskan Krim Anti Gatal pada Permukaan Ruam

Meski sudah diketahui, berapa lama ruam alergi hilang bisa kamu percepat prosesnya dengan mengoleskan krim anti gatal yang mengandung formula hidrokortison 1%, steroid, atau losion kalamin untuk meredakan gatal.

5. Minum Obat Anti Alergi secara Rutin

Untuk pertolongan pertama, pastikan kamu mengonsumsi obat anti alergi yang tepat agar gejalanya dapat teratasi dan membuat kulit nyaman. 

6. Gunakan Pakaian yang Longgar

Jangan memakai pakaian ketat yang dapat semakin mengiritasi ruam di kulit. Gunakan pakaian yang longgar dengan bahan kain menyerap keringat seperti katun.

 

Itu tadi pembahasan terkait berapa lama ruam alergi hilang serta tips bagaimana cara mempercepat prosesnya agar mereda. Di akhir, perlu selalu kamu pahami bahwa ruam atau reaksi alergi lainnya tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, namun dapat dikontrol kekambuhannya. 

Untuk efek alergi tingkat lanjut seperti nyeri kepala tegang atau berdenyut, sesak napas, badan lemas, dan lain-lain, sebaiknya lakukan pemeriksaan dan penanganan oleh dokter.