Cara Membaca Hasil Tes Alergi, Cermati dan Pahami!

  Kamis, 18 Juli 2024 | 06:12 WIB
   Team Prosix
cara-membaca-hasil-tes-alergi-cermati-dan-pahami_0xR.jpg

Sumber: freepik.com

Melakukan tes alergi sebenarnya ideal untuk mengetahui apakah seseorang memiliki kondisi ini. Tidak sedikit yang telah melakukannya di usia anak-anak untuk mengetahuinya. Tapi cara membaca tes alergi yang benar juga harus diketahui, sehingga hasil tes yang muncul dapat dipahami dengan baik.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui dan baca di artikel pada blog Prosix lainnya, bahwa ada beberapa metode tes alergi yang bisa digunakan. Mulai dari tes tusuk kulit, tes kulit intradermal, uji tempel, tes darah, dan tes tantangan. Kamu bisa membacanya secara lengkap di artikel terkait.

Waktu yang Tepat Melakukan Tes Alergi

cara membaca hasil tes alergi

Sumber: freepik.com

Sebenarnya tes alergi bisa dilakukan kapan saja, selama kamu sudah mulai merasa terganggu dengan beberapa kondisi yang ada. Munculnya gejala alergi tanpa penyebab yang jelas atau ingin memastikan alergi apa yang diderita jadi motivasi umum untuk menjalani tes ini.

Beberapa gejala yang mungkin bisa jadi acuan untuk melakukan tes alergi adalah:

  • Hidung tersumbat

  • Bersin terus-menerus

  • Mata terasa gatal dan berair

  • Diare

  • Masalah pernapasan

  • Batuk yang tidak kunjung reda

Ketika hal ini terasa mulai mengganggu dan tidak bisa diidentifikasi apa penyebabnya, maka mendatangi dokter akan jadi langkah terbaik yang bisa kamu lakukan. Kemungkinan besar dokter akan menyarankan untuk melakukan tes darah agar tahu jumlah immunoglobulin atau IgE yang ada di dalam darah.

Apa Itu Immunoglobulin?

Immunoglobulin sendiri adalah zat yang diproduksi dalam sistem kekebalan tubuh oleh sel plasma, yang digunakan untuk melawan dan menghancurkan zat berbahaya seperti misalnya virus dan bakteri. Nah, pada konteks alergi, immunoglobulin ini bereaksi pada zat-zat yang sebenarnya tidak membahayakan, tapi ‘dikenal’ sebagai zat berbahaya sehingga ia aktif dan memberikan efek gejala alergi.

Pada tes darah tujuan utamanya adalah untuk mengetahui tingkat immunoglobulin pada darah. Semakin tinggi tingkat IgE dalam tubuh, maka indikasi seseorang memiliki alergi akan semakin kuat. Tapi catatan penting yang harus diingat adalah bahwa tes ini tidak bisa membantu mendeteksi jenis alergi yang diderita.

Cara Membaca Hasil Tes Alergi

cara membaca hasil tes alergi

Sumber: freepik.com

Untuk tes darah sendiri biasanya digunakan sebagai tes awal dengan tujuan mengetahui apakah seseorang memiliki kondisi alergi atau tidak. Hasilnya bisa dilihat dari kadar immunoglobulin  yang ditemukan di dalam darah, dengan data sebagai berikut.

  • Kurang dari 0,35 kU/l, artinya tidak ada tingkat alergi yang terdeteksi

  • 0,35 - 0,70 kU/l, artinya rendah

  • 0,71 - 3,50 kU/l, artinya sedang

  • 3,51 - 17 kU/l, artinya tinggi

  • 17 - 49 kU/l, artinya sangat tinggi

  • 50 - di atas 100 kU/l, artinya ekstrem

Satuan kU/l sendiri berarti kilounit per liter, yang digunakan untuk melihat kadar IgE di dalam darah seseorang. Jika sudah berada di tahap sedang hingga ekstrem, maka dokter mungkin akan merekomendasikan tes lanjutan dengan berbagai tes lain untuk mengetahui alergi apa yang dimiliki oleh orang tersebut.

Lalu bagaimana cara membaca hasil tes alergi lanjutannya?

Alergi lanjutan yang lebih spesifik akan dilakukan dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Percobaan kontak dengan alergen akan dilakukan oleh dokter, untuk mengetahui lebih jauh alergi jenis apa yang kira-kira dimiliki seseorang.

Hasil tes biasanya bisa langsung dilihat dalam waktu singkat dan secara jelas. Kamu bisa meminta dokter untuk membacakan hasil tes alergi ini, sehingga kamu tahu benar apa kondisi yang dimiliki.

Tips Perawatan Selanjutnya

Jika ditemukan alergi pada tubuh seseorang, maka dokter akan memberikan rekomendasi perawatan lanjutan yang harus dilakukan. Hal ini bisa meliputi pemberian obat-obatan secara rutin, kemudian saran untuk menjauhi alergen, atau bahkan terapi yang dapat membuat gejala alergi menjadi lebih ringan.

Tentunya rekomendasi ini dapat menjadi acuan bagi penderita alergi agar kondisinya semakin membaik, atau setidaknya tidak mengalami gejala alergi parah di masa yang akan datang.

 

Setelah tahu cara membaca hasil tes alergi di atas, tentunya kamu yang memiliki kondisi alergi ini harus senantiasa bersiap pada segala kemungkinan. Membawa obat alergi seperti obat yang mengandung Cetirizine akan disarankan, untuk mengatasi gejala ringan hingga sedang ketika alergi kambuh. Kamu bisa menemukan obat tersebut di sini, dan langsung dikirim ke rumah. Semoga berguna, dan selalu jaga kondisi kesehatan tubuh kamu ya!