Detail Cara Mengatasi Batuk Alergi Dingin di Rumah

  Jumat, 06 September 2024 | 08:45 WIB
   Team Prosix
detail-cara-mengatasi-batuk-alergi-dingin-di-rumah_cxH.jpg

Alergi dingin atau urtikaria adalah salah satu jenis alergi yang cukup umum ditemui. Gejalanya berkisar antara gejala ringan seperti biduran, sakit kepala, nyeri sendi, hingga demam. Sedangkan gejala beratnya bisa berupa kesulitan bernapas, jantung berdebar, pingsan, hingga syok berat yang harus diwaspadai. Kesulitan bernapas inilah yang umumnya juga membuat penderitanya mengalami batuk. Berikut ini adalah cara detail mengatasi batuk alergi dingin di rumah.

Sebelum masuk dalam daftar cara mengatasinya, pastikan kamu memahami terjadinya alergi dingin. Urtikaria disebabkan oleh paparan suhu dingin yang umumnya ada di bawah 4 derajat celcius. Selain paparan suhu dingin langsung pada kulit, reaksi alergi juga bisa muncul saat seseorang ada dalam ruangan dengan suhu AC terlalu dingin, berenang di air yang dingin, hingga mendaki dan/atau bermalam di gunung.

Cara kerja sistem imun pada pemilik alergi dingin menganggap suhu rendah sebagai bahaya sehingga respons yang dikeluarkan adalah dengan memproduksi histamin. Senyawa histamin inilah yang membuat seseorang mengalami berbagai gejala seperti yang disebutkan di atas.

Batuk, Alergi Dingin, dan Alergi Jenis Lainnya

Pada kasus alergi dingin, batuk adalah gejala yang jarang terjadi. Namun jika terjadi, maka batuk tadi adalah akibat penderitanya sulit bernapas. Kondisi ini bisa menjadi tanda gejala alergi dingin berat dan mengarah pada anafilaksis atau syok berat. Sehingga seseorang yang batuk akibat alergi dingin sebaiknya segera mendapat penanganan medis terdekat.

Dalam situasi yang berbeda, seseorang mungkin saja mengalami batuk saat terpapar suhu dingin padahal dia tidak pernah bermasalah dengan suhu rendah sebelumnya. Salah satu penjelasan medisnya adalah udara dingin di sekitar orang tersebut mengandung partikel yang memicu alergi jenis lain. Beberapa jenis alergi yang pemicunya tersebar melalui udara adalah hay fever, alergi serbuk sari, alergi debu rumah, alergi bulu hewan peliharaan, alergi pengharum ruangan atau parfum, dan lain sebagainya. Karakteristik batuk yang muncul dari situasi ini adalah batuk kering dan biasanya disebabkan karena sensasi geli di tenggorokan.

Partikel alergen yang terhirup bisa mengiritasi lubang hidung dan memicu produksi lendir atau ingus. Kemudian ingus yang menetes di bagian belakang tenggorokan membuat sensasi menggelitik dan batuk.

batuk alergi dingin

Image by stockking on Freepik

Cara Mengatasi Batuk Alergi Dingin

  • Batuk Alergi Dingin

Jika kamu curiga memiliki alergi dingin dan terjadi gejala batuk, maka segeralah pergi ke tempat yang hangat atau meminimalisasi kulit terpapar suhu dingin langsung. Bisa dengan mengenakan jaket tebal, syal, topi, dan lain sebagainya.

Apabila batuk masih ringan dan tidak disertai sesak napas, mengonsumsi obat antihistamin dapat membantu meredakan reaksi alergi tersebut. Namun jika batuk masih berlangsung hingga beberapa jam ke depan dan/atau muncul gangguan pernapasan lain, segeralah memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

  • Batuk Alergi Jenis Lain

Namun jika kamu mengetahui bahwa udara dingin tersebut membawa beberapa partikel alergen, misalnya kamu sedang di bawah pohon yang bunganya bermekaran, maka ada kemungkinan kamu memiliki alergi selain alergi dingin. Dengan skema yang sama, hindari segera semua jenis alergen yang berpotensi memicu reaksi alergi. Kemudian mengonsumsi obat alergi untuk meredakan batuk dan/atau gejala lainnya.

Jika terjadi di rumah, bisa jadi debu, tungau, atau spora jamur adalah pemicu batuk akibat alergi. Bersihkan rumah secara menyeluruh, mulai dari menyedot debu dan/atau mengepel lantai, mengganti seprai dan selimut, mengelap furnitur berdebu, hingga mengusir serangga dan hama. Untuk mencegah reaksi alergi, kamu bisa mengkonsumsi obat alergi terlebih dahulu sebelum bersih-bersih.

Referensi:

  • https://www.healthpartners.com/blog/cold-or-allergies/#.
  • https://violapharm.com/en/temperature-drop-cough-from-cold-air/#:.
  • https://www.healthline.com/health/allergies/allergy-cough#treatment
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/allergy-cough 

Featured Image - Image by cookie_studio on Freepik