Gatal Seluruh Badan: Penyebab & Cara Efektif Merawatnya

  Kamis, 25 Juli 2024 | 15:57 WIB
   Team Prosix
gatal-seluruh-badan-penyebab-cara-efektif-merawatnya_2PX.jpg

Kamu tentu pernah merasakan gatal di sekujur tubuh dan bingung penyebab pastinya. Kamu merasa tidak tersengat serangga, rajin berganti pakaian bersih, dan kebiasaan normal lainnya. Namun perlu dipahami bahwa gatal seluruh badan merupakan salah satu tanda tubuh dalam merespons patogen yang masuk. Dengan munculnya gatal, seseorang akan diberi tanda bahwa ada yang tidak beres dalam tubuh. Sehingga seseorang akan segera mencari cara untuk menghilangkannya. Itulah kenapa mengetahui penyebab gatal seluruh badan adalah kunci merawat yang benar agar gatal cepat hilang.

Penyebab Gatal Seluruh Badan

1. Gigitan Serangga

Serangga seperti nyamuk dan lebah akan menimbulkan gatal dan perubahan warna kulit yang tersengat menjadi lebih merah namun akan hilang dalam beberapa jam. Sedangkan serangga yang perlu diwaspadai karena efek gatalnya yang lama adalah kutu, tungau, kutu kasur, dan sejenisnya.

2. Gejala Penyakit Serius

Jika gatal berlangsung lama dan sulit disembuhkan dengan cara-cara sederhana, ada kemungkinan gangguan kulit ini adalah gejala untuk penyakit lain yang lebih serius. Beberapa penyakit yang ditandai dengan gatal dan perubahan warna kulit adalah kanker kulit, diabetes, penyakit ginjal, penyakit hati, HIV, tekanan darah. Ketika akar masalahnya diatasi, gatal-gatal juga akan berangsur hilang dengan sendirinya.

3. Karakteristik Kulit

Bagi kamu yang memiliki karakter kulit kering, sangat kering, dan sensitif, mengalami gatal adalah hal yang wajar. Agar gatal tidak berubah menjadi luka bersisik, gunakan pelembab secara rutin. Selain itu, hindari hal-hal yang bisa meningkatkan kekeringan kulit seperti suhu panas, merokok, kekurangan vitamin, dan gaya hidup tidak sehat.

4. Kondisi Penyakit Kulit

Ada beberapa kondisi kulit yang membuat seseorang mengalami gatal, ruam, bentol, hingga melepuh. Beberapa jenis penyakit kulit yang umum ditemui adalah dermatitis atopik, eksim, psoriasis, infeksi ringworm, cacar air, herpes, dan lain-lain. Penderitanya membutuhkan pemeriksaan lanjut dan diagnosis dokter untuk mengatasinya.

5. Efek Samping Pengobatan

Apabila gatal muncul setelah menjalani pengobatan, bisa jadi hal tersebut adalah efek samping dari obat yang digunakan. Antibiotik, aspirin, dan opioid adalah beberapa jenis obat yang bisa menimbulkan gatal-gatal.

6. Alergi dan Iritan

Penyebab gatal seluruh badan terakhir dalam pembahasan ini adalah alergi dan iritan. Jika alergi melibatkan respons sistem kekebalan tubuh yang terlalu sensitif, maka iritan terjadi ketika kulit bersentuhan langsung dengan suatu zat sehingga lapisan terluar kulit menjadi rusak.

Beberapa contoh zat alergen yang menimbulkan gatal dan bentol adalah makanan tertentu, logam nikel, pewangi, latex, cat rambut, dan lain-lain. Alergi dingin atau urtikaria juga biasanya menimbulkan gatal. Lalu untuk jenis iritan yang umum ditemui adalah logam, pewangi, parfum, detergen, wool, cairan kimia, dan lain-lain.

gatal seluruh badan

Cara Merawat Gatal Badan agar Cepat Hilang

Apa pun penyebab yang membuat gatal seluruh badan terjadi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan dan mencegahnya berkembang lebih parah.

  1. Aturan pertama, jangan menggaruk dan/atau menggosok kulit yang gatal agar tidak terjadi infeksi akibat kontak dengan kotoran pada jari tangan atau permukaan pakaian, misalnya. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman agar kulit dapat bernapas.

  2. Apabila rasa gatal sangat mengganggu, redakan dengan kompres dingin. Bisa juga dengan mengoleskan pelembap hypoallergenic untuk mencegah kulit kering.

  3. Pilih produk hypoallergenic dan tanpa pewangi dalam menggunakan produk kebersihan, kosmetik, dan produk perawatan wajah.

  4. Mengonsumsi obat gatal sesuai penyebab yang biasanya berupa obat oral atau salep. Beberapa kandungan obat oral untuk alergi yang biasanya direkomendasikan dokter adalah antihistamin, Cetirizine, dan oral steroid. Sedangkan salep yang umum digunakan adalah kortikosteroid.

Referensi:

https://www.healthline.com/health/itching

https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-uncontrollably-itchy-skin