Terbaru! Kisaran Harga Tes Alergi di Kimia Farma & Caranya

  Sabtu, 10 Agustus 2024 | 14:20 WIB
   Team Prosix
terbaru-kisaran-harga-tes-alergi-di-kimia-farma-caranya_Wp6.jpg

Tes alergi dapat dilakukan sejak anak-anak lho. Terutama untuk kamu yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat alergi. Salah satu manfaat melakukan reaksi alergi selain melakukan deteksi dini adalah mencegah terjadinya gejala alergi yang parah seperti anafilaksis. Saat ini fasilitas kesehatan mulai memudahkan akses untuk melakukan tes alergi. Salah satu penyedia tes alergi yang mudah diakses adalah Kimia Farma. Ketahui cara, tahapan, dan kisaran harga tes alergi di Kimia Farma pada pembahasan berikut ini.

Tes Alergi

Tes alergi dilakukan untuk melihat kadar atau jumlah imunoglobulin E dalam tubuh. Imunoglobulin E (IgE) sendiri merupakan jenis antibodi yang diproduksi sistem imun untuk melawan patogen pembawa penyakit seperti bakteri dan virus. Saat jumlah IgE teridentifikasi terlalu tinggi ketika menjalani tes alergi, maka sistem imun terbukti terlalu sensitif bahkan terhadap zat atau benda-benda yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh.

Jika kamu pernah mengalami reaksi alergi atau memiliki keluarga dengan riwayat alergi, maka tes alergi menjadi langkah yang disarankan untuk diambil. Metode yang ditawarkan dalam tes alergi bisa melalui tes darah atau dengan uji tusuk kulit (skin prick test). Namun khusus untuk mendeteksi jumlah IgE, maka hanya metode tes darah yang bisa mengidentifikasinya.

Uji tusuk kulit dilakukan dengan menyuntikkan alergen dalam dosis sangat kecil di lapisan luar kulit untuk kemudian dilihat reaksinya. Sedangkan tes darah dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk diuji dalam laboratorium. Tes darah umumnya disarankan untuk anak kecil karena lebih nyaman bagi mereka. serta untuk orang dengan kondisi kulit tertentu dan berisiko mengalami reaksi alergi serius saat berinteraksi langsung dengan zat alergen.

harga tes alergi di kimia farma

Image by freepik (gambar hanya ilustrasi)

Tahap Tes Alergi di Kimia Farma

Kimia Farma menjadi salah satu penyedia tes alergi yang mampu memberikan dua metode tersebut. Masing-masing metode tes alergi tadi mampu mendeteksi jumlah IgE total maupun spesifik. Bila IgE total mendeteksi jumlah IgE secara keseluruhan dan secara umum dalam tubuh, maka IgE spesifik mampu melihat jumlah spesifik IgE saat bertemu alergen yang sama yang digunakan dalam proses pengujian.

Apabila kamu ingin melakukan tes alergi di Kimia Farma, kamu perlu menemukan cabang Kimia Farma terdekat yang menawarkan layanan ini. Karena tidak semua cabang menyediakan layanan tes alergi. Nantinya kamu tinggal melakukan pendaftaran diri dengan memilih metode dan jenis IgE yang akan dites.

Kisaran Harga Tes Alergi di Kimia Farma

Menurut data terbaru yang ditemukan, kisaran harga tes alergi di Kimia Farma adalah Rp 485.000 untuk jenis IgE total dan Rp 685.000-1.785.000 untuk jenis IgE spesifik. Detail jenis IgE spesifik yang dilayani adalah sebagai berikut:

  • IgE spesifik bulu ayam

  • IgE spesifik anjing, kucing, tikus, dan kecoa

  • IgE spesifik debu dan tungau rumah

  • IgE spesifik coklat

  • IgE spesifik daging ayam, sapi, kambing, dan ikan

  • IgE spesifik jamur aspergillus, penicillin, mucor

  • IgE spesifik makanan (kacang-kacangan, udang, kepiting, kerang, kuning dan putih telur, susu, dan gandum)

  • IgE spesifik lain tergantung ketersediaannya.

Sebagai catatan tambahan bila kamu merasakan gejala alergi ringan sebelum melakukan tes alergi, ada obat alergi yang bisa diakses bebas tanpa resep dokter. Baru setelah gejalanya mereda atau sembuh, kamu bisa melakukan tes alergi di Kimia Farma. Petugas medis mungkin akan menanyakan riwayat obat yang sempat kamu konsumsi beserta kemungkinan beberapa alergen yang memicu alergi tersebut.

Referensi:

https://kimiafarmaapotek.co.id/id/ketahui-tes-ig-e-total-untuk-mengetahui-kemungkinan-alergi/

https://www.alodokter.com/cari-rumah-sakit/laboratorium-klinik-kimia-farma-duren-sawit#tes-alergi

Featured Image - kimiafarma.co.id