Jenis, Fungsi & Cara Pakai Obat Semprot Hidung Alergi

  Senin, 29 Juli 2024 | 23:07 WIB
   team prosix
jenis-fungsi-cara-pakai-obat-semprot-hidung-alergi_Wzl.jpg

Sumber: freepik

 

Paparan zat alergen bisa menyebabkan gejala alergi seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, dan pilek. Kondisi ini tentu sangat mengganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman sehingga harus segera diatasi. Selain mengonsumsi obat alergi, pemakaian semprot hidung alergi/nasal spray juga bisa menjadi solusi yang efektif. Nah, sebelum membeli, pahami jenis-jenis dan manfaat nasal spray dalam artikel berikut.

 

Fungsi Semprot Hidung Alergi 

Sumber: freepik

 

Semprot hidung alergi jadi solusi yang tepat untuk mengatasi gejala alergi dan sinusitis seperti hidung tersumbat, hidung berair/pilek, bersin-bersin, dan lain sebagainya. Sesuai dengan namanya, penggunaan semprot hidung atau nasal spray tersebut dilakukan dengan menyemprotkannya ke area hidung/sinus untuk meredakan gejala alergi.

Di dalam nasal spray umumnya diisi dengan obat dekongestan yang berfungsi untuk mencairkan lendir di hidung agar penderita alergi bisa bernafas dengan lega. Selain dekongestan, jenis obat-obatan lain yang biasanya ada di dalam nasal spray adalah antihistamin, kortikosteroid, mast cell stabilizer, atau ipraptorium.

Pastikan kamu menggunakan nasal spray sesuai petunjuk pemakaian/anjuran dokter supaya gejala alergi tidak semakin parah. Terdapat dua jenis nasal spray yang bisa kamu temukan di pasaran yaitu jenis botol semprot (pump bottle) dan kemasan kaleng (pressurized canister).

Meskipun kedua jenis semprot hidung tersebut bisa dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter, tapi alangkah baiknya jika kamu berkonsultasi ke ahli medis terlebih dulu, terutama jika ini adalah pemakaian pertama.

 

Jenis-Jenis Semprot Hidung Alergi & Cara Memakainya

Sumber: freepik

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat 2 jenis nasal spray untuk alergi yang bisa kamu jumpai di pasaran yaitu botol semprot (pump bottle) dan kemasan kaleng (pressurized canister). 

Secara fungsi dan cara pemakaian sebenarnya keduanya hampir mirip, hanya kemasannya saja yang membedakannya. Berikut ini langkah-langkah penggunaan botol semprot dan kaleng yang sebaiknya kamu tahu.

1. Botol Semprot Hidung Alergi (Pump Bottle)

  • Sebelum memakai alat semprot hidung, kamu sebaiknya mengeluarkan lendir yang ada di dalam hidung dengan cara menghembuskan napas dengan kencang.

  • Selanjutnya, buka tutup botol semprot dan kocok terlebih dahulu. Kemudian, semprotkan ke udara sampai keluar cairan.

  • Posisikan kepala agak miring dan pegang botol dengan posisi jempol di bagian bawah, sedangkan telunjuk dan jari tengah di bagian atas.

  • Tutup lubang hidung yang tidak menerima obat dengan jari tangan lainnya. 

  • Lanjutkan dengan menekan pompa botol dan hirup cairan yang masuk ke dalam lubang hidung.

  • Ulangi langkah tadi pada lubang hidung sisi satunya.

2. Alat Semprot Hidung Alergi dalam Kaleng

  • Keluarkan ingus atau lendir sebelum menyemprotkan obat ke hidung.

  • Masukkan kaleng kecil ke dalam tempatnya dengan tepat, kemudian kocok alat semprot hidung tersebut sebelum digunakan.

  • Posisikan kepala ke atas dan hembuskan nafas pelan-pelan.

  • Pegang obat semprot hidung dengan meletakkan jempol di bagian bawah obat dan telunjuk pada bagian atasnya. Selain itu, tutup lubang hidung yang tidak mendapatkan obat.

  • Tekan perlahan kaleng ke dalam tempatnya sambil menghirup obat ke dalam lubang hidung yang tidak ditutup.

  • Lakukan cara yang sama pada lubang hidung satunya.

  • Cegah diri agar tidak bersin-bersin atau mengeluarkan cairan setelah pemakaian obat.

 

Selain konsumsi obat alergi dalam bentuk tablet, penggunaan obat semprot hidung alergi menjadi solusi efektif dalam mengatasi reaksi alergi seperti hidung tersumbat. Kamu bisa berkonsultasi ke ahli medis/dokter untuk mendapatkan petunjuk pengobatan yang lebih tepat.