Kenali Penyebab, Gejala, dan Ciri Bengkak Alergi di Artikel Ini

  Senin, 29 Juli 2024 | 02:36 WIB
   Team Prosix
kenali-penyebab-gejala-dan-ciri-bengkak-alergi-di-artikel-ini_0U7.jpg

Sumber: freepik.com

Jika kamu merupakan pengidap sebuah alergi, tentu kamu paham benar gejala-gejala apa yang sering muncul. Salah satu yang mungkin cukup mengganggu adalah bengkak alergi, yang muncul sebagai efek dari pelepasan histamin oleh daya tahan tubuh.

Sebenarnya bengkak alergi sendiri bisa dipicu karena biduran. Bengkak akibat hal ini akan muncul dipermukaan kulit. Namun yang harus diwaspadai adalah ketika bengkak terjadi di bawah lapisan kulit, yang kemudian disebut dengan angioedema.

Apa Penyebabnya?

Sumber: freepik.com

Angioedema sendiri adalah sebuah kondisi pembengkakan yang terjadi di bawah jaringan kulit, akibat reaksi dari alergi. Selama proses reaksi tubuh pada alergi terjadi, tubuh akan memproduksi histamin atas alergen, dan zat ini di-release dalam aliran darah.

Efek dari pelepasan histamin inilah yang memicu munculnya kondisi yang disebut dengan bengkak alergi atau angioedema. Dalam kondisi ringan hingga sedang, sebenarnya hal ini bisa reda dengan sendirinya. Namun jika sudah mengganggu dan terasa semakin parah maka berkunjung ke dokter akan jadi solusinya.

Beberapa Ciri-Ciri, Gejala, dan Dampaknya

Sumber: freepik.com

Ketika pembengkakan terjadi, ada beberapa area yang akan mengalami hal ini. Mulai dari area tangan, kaki, wajah, lapisan tenggorokan, hingga bahkan alat kelamin. Pada kondisi ringan hal ini akan mereda dalam beberapa jam. Namun pada kondisi lebih parah pembengkakan bisa terjadi hingga tiga hari.

Selain perubahan berupa bengkak, gejala dan ciri lain yang bisa dirasakan adalah sensasi panas dan menyakitkan pada area yang mengalami pembengkakan. Sekali lagi, hal ini masih tergolong gejala alergi yang sedang, dan seharusnya bisa diatasi sendiri dengan obat-obatan ringan yang dijual bebas.

Tapi ketika beberapa gejala di bawah ini muncul, maka sebaiknya kamu segera berkunjung ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  • Terjadi anafilaksis

  • Tiba-tiba gejala alergi muncul dengan cepat dan mengalami eskalasi dalam waktu singkat

  • Terjadi masalah pernapasan secara tiba-tiba yang bisa berujung pingsan

  • Pembengkakan yang terjadi sudah benar-benar parah, membuat rasa tidak nyaman tidak tertahankan, dan mengganggu aktivitas yang kamu lakukan

Penanganan dokter akan jadi jalan terbaik yang bisa dilakukan untuk gejala parah, sebab terdapat risiko fatal pada gejala yang sudah sampai di tahap ini. Meski memang berawal dari bengkak alergi, tapi kamu harus tetap waspada dan mengambil sikap yang tepat dan cepat agar tidak semakin parah.

Dampak yang Ditimbulkan

Jika angioedema muncul pada bagian wajah, tentu hal ini akan mengurangi estetika, baik kecantikan atau ketampanan, yang kamu miliki. Akan jadi hal yang mengganggu jika pekerjaan yang kamu lakukan adalah berurusan dengan orang secara langsung, sebab akan menurunkan percaya diri.

Dampak lain yang bisa ditimbulkan adalah berkurangnya konsentrasi karena sensasi mengganggu yang muncul dari pembengkakan ini. Ini kenapa pembengkakan yang terjadi harus disikapi dengan bijak, dengan pencegahan dan pengobatan yang tepat.

Jika Sudah Terjadi, Begini Cara Mengatasinya

Sumber: freepik.com

Beberapa pertolongan pertama bisa kamu lakukan dengan langkah berikut ini:

  • Memberikan kompres dingin di area yang mengalami pembengkakan

  • Gunakan pakaian yang cenderung longgar untuk mencegah terjadinya iritasi kulit

  • Jangan menggaruk area yang mengalami bengkak alergi

  • Hindari makanan dan minuman yang bisa memicu alergi, baik yang sudah diketahui atau makanan dan minuman yang rawan

  • Lakukan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan berat atau yang memerlukan resep dokter

Selain langkah sederhana di atas, kamu bisa juga selalu menyediakan obat ringan anti alergi dengan kandungan cetirizine. Obat ini mudah didapatkan dan dapat dikonsumsi secara langsung untuk membantu meredakan gejala alergi yang dirasakan, dalam konteks ini bengkak.

 

Itu tadi sekilas pembahasan tentang bengkak alergi yang bisa terjadi sebagai salah satu ciri dan gejala alergi. Selalu sediakan obat dengan kandungan cetirizine untuk penanganan pertama, dan hindari segala bentuk hal yang berisiko memicu gejala alergi pada dirimu!