Kenali Penyebab Imun Tubuh Lemah dan Dampaknya

  Rabu, 24 Juli 2024 | 03:44 WIB
   Team Prosix
kenali-penyebab-imun-tubuh-lemah-dan-dampaknya_pp7.jpg

Mengapa beberapa orang menjadi lebih mudah sakit? Mungkin mereka mengalami penurunan kemampuan untuk melawan bakteri, virus, dan benda asing lain yang dapat menyebabkan penyakit. Kemampuan tubuh dalam melawan infeksi penyakit adalah fungsi dari sistem imun atau kekebalan tubuh. Jika sistem imun lemah, tubuh tidak dapat mempertahankan diri dari berbagai ancaman kesehatan. Lalu apa saja penyebab sistem imun lemah? Simak ulasannya di sini.

Berbagai Penyebab Sistem Imun Lemah

1. Stres

Hampir semua orang pernah merasakan efek stres di beberapa titik dalam hidup. Sakit kepala, rasa sakit di dada, rasa gelisah, dan perasaan tegang secara keseluruhan merupakan gejala stres.

Faktor-faktor tersebut semua bergabung sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan tubuh dari ancaman kesehatan.

2. Kurang Aktif

Sistem imun lemah bisa disebabkan karena kamu kurang aktif atau tidak berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu fungsi neutrofil, yaitu jenis sel darah putih yang membunuh mikroorganisme yang tidak diinginkan dan terkadang dapat membahayakan kesehatan.

3. Kurang Tidur

Anda mungkin tidak menyadari, saat kamu sedang tidur sel-sel dalam darah yang melawan infeksi bekerja untuk menjaga tubuh. Jadi, kurang tidur bisa menyebabkan tubuh tidak dapat bekerja efektif dalam melawan infeksi atau kuman penyakit.

4. Dehidrasi

Setiap jaringan dan organ di dalam tubuh bergantung pada air, karena membantu membawa nutrisi dan mineral ke sel, dan menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan kamu lembap, juga untuk menghindari penyakit.

Meskipun tubuh terdiri dari 60 persen air, kamu kehilangan cairan melalui buang air kecil, buang air besar, berkeringat, dan bahkan bernapas. Dehidrasi terjadi ketika kamu tidak cukup mengganti cairan yang hilang.

5. Kurangnya Asupan Nutrisi yang Diperlukan

Penting untuk makan berbagai makanan yang seimbang termasuk buah-buahan, sayur-sayuran, dan sumber gandum utuh yang membantu mendukung sistem kekebalan dengan menyediakan vitamin, mineral, fitokimia dan antioksidan yang penting.

Penyakit Akibat Imun Tubuh Lemah

Untuk itu, ketahui beberapa penyakit yang sering terjadi ketika daya tahan tubuh kamu melemah.

1. Alergi (Pilek, Gatal)

Sumber: Freepik

Pilek karena alergi menjadi salah satu gejala yang paling sering kamu alami, apalagi di musim hujan. Walaupun dalam beberapa hari akan pulih, gejala yang ditimbulkan tentu bisa mengganggu aktivitas. Kamu akan merasakan hidung meler, gatal, dan terus bersin. Selain itu, tenggorokan akan terasa sakit dalam satu atau dua hari diikuti gejala batuk, sakit kepala, dan mata berair.

Orang yang memiliki imun tubuh lemah, mengalami kelelahan, atau merasakan tekanan emosional biasanya lebih mudah terkena penyakit ini.

2. Flu

Sumber: Freepik

Sama seperti pilek, flu atau influenza memiliki cara penularan yang sama dan virusnya juga menyerang saluran pernapasan. Bedanya, flu disebabkan oleh virus influenza A, influenza B, dan influenza C. Walaupun sekilas hampir sama, gejala flu biasanya muncul lebih parah dari pilek. Gejala flu meliputi gejala pilek namun disertai dengan demam menggigil, tubuh terasa nyeri, mual, muntah, bahkan diare.

3. Tipes

Sumber: Freepik

Penyakit tipes atau demam tifoid lebih sering menyerang anak-anak karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Tapi, orang dewasa yang memiliki daya tahan tubuh lemah juga bisa terkena penyakit ini. Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Bakteri tersebut dapat bertahan hidup selama berminggu-minggu pada air atau kotoran yang dikeluarkan oleh pasien.

Walaupun cara sembuh dari penyakit yang disebabkan oleh imun tubuh lemah terutama alergi bisa dilakukan secara mudah dengan membeli obat-obatan alergi di apotek, pastikan untuk berkonsultasi pada apoteker agar mendapatkan saran yang tepat.

Namun, jika gejala yang terjadi cukup parah, sebaiknya kamu mencari pertolongan medis dengan mengunjungi dokter di rumah sakit/klinik/pusat pelayanan kesehatan lainnya. Hal yang paling penting, berusahalah untuk menghindari pemicu alergi supaya rhinitis tidak sering kambuh.