Ketahui Lebih Jauh tentang Alergi Jagung, Simak di SinI!

  Sabtu, 10 Agustus 2024 | 15:46 WIB
   Team Prosix
ketahui-lebih-jauh-tentang-alergi-jagung-simak-di-sini_PZf.jpg

Sumber: freepik.com

Berbagai jenis alergi bisa saja dialami oleh seseorang, karena hal ini merupakan kondisi bawaan. Salah satu alergi yang cukup jarang terjadi adalah alergi jagung. Meski kasus pada alergi ini cenderung kecil, tapi tetap akan memberikan kamu informasi yang berguna di kemudian hari.

Alergi jagung, seperti disampaikan pada veriwellhealth.com, bukan merupakan jenis yang umum. Alergi ini tetap dapat memicu berbagai gejala yang merepotkan seperti gatal-gatal dan mengi, yang bisa saja mengganggu kegiatan harianmu.

Apa Penyebabnya?

Sumber: freepik.com

Secara umum, penyebab dari alergi jagung sebenarnya tidak dapat dipastikan. Sama seperti alergi lain, tubuh bereaksi pada protein jenis tertentu yang ada pada jagung. Protein ini dipandang sebagai zat yang membahayakan, sehingga direspons oleh tubuh dengan reaksi alergi.

Salah satu protein yang ditengarai jadi pemicunya adalah protein bernama Zein. Saat protein ini masuk ke tubuh, sistem pertahanan tubuh mendeteksinya sebagai zat agresif yang perlu dilawan. Produksi histamin ditingkatkan, dan muncullah gejala alergi seperti yang kita semua ketahui.

Pemicu utama dari alergi ini biasanya berasal dari serbuk sari bunga jagung, tepung yang berasal dari jagung, atau ragam makanan lain yang mengandung jagung di dalamnya.

Mencermati Gejala Umum pada Alergi Jagung

Sumber: freepik.com

Termasuk ke dalam jenis alergi makanan, alergi ini memiliki gejala yang beragam. Beberapa gejala paling umum yang muncul adalah sebagai berikut.

  • Biduran

  • Rasa gatal di dekat mulut atau beberapa bagian lain di tubuh

  • Muncul ruam kemerahan pada kulit

  • Muncul beberapa gejala mirip demam seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, dan hidung berair

  • Gejala mengi dan asma

  • Rasa sakit di kepala

  • Sakit perut

  • Sensasi mual dan ingin muntah

  • Diare

Jika seseorang mengalami beberapa gejala ini sesaat setelah mengonsumsi bahan makanan yang mengandung jagung, maka hal ini jadi indikasi orang tersebut mengalami alergi jagung.

Terlihat ringan dan bisa ditangani dengan cukup mudah, nyatanya alergi jagung juga dapat memicu beberapa kondisi serius lain sebagai respons tubuh atas zat atau protein ini. Beberapa gejala yang termasuk parah disebut dengan anafilaksis, mulai dari terjadinya pembengkakan di bibir, lidah, tenggorokan, leher, hingga wajah, kemudian sulit bernapas, suara menjadi serak, sakit kepala hebat, detak jantung bertambah cepat, rasa lesu, rasa bingung, hingga kehilangan kesadaran.

Ketika gejala ini muncul idealnya penderita alergi segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan cepat. Jika tidak segera ditangani, komplikasi dan risiko lebih buruk dapat terjadi pada penderita alergi ini.

Cara Mengatasi Alergi Jagung yang Diderita

Sumber: freepik.com

Langkah terbaik selalu adalah langkah pencegahan agar jangan sampai alergi ini kambuh dan membuat seorang mengalami gejala yang mengganggu.

Hindari produk-produk yang menggunakan bahan baku jagung di dalamnya, atau protein serupa yang ada pada jagung. Di Indonesia sendiri sebenarnya produk dengan campuran bahan jagung tidak terlalu banyak, tidak sebanyak di Eropa atau Amerika. Tapi kamu tetap sebaiknya waspada dan selalu mencari tahu komposisi dari makanan atau produk yang digunakan setiap hari.

Jika memang pada kenyataannya memiliki kandungan jagung atau protein yang serupa, maka sebaiknya dihindari dan tidak dikonsumsi.

Namun ketika telah terjadi gejala alergi, langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Segera hentikan konsumsi produk yang diduga mengandung jagung.

  • Gunakan beberapa obat pereda gejala alergi yang dijual bebas, opsinya adalah obat mengandung antihistamin, atau obat dengan kandungan cetirizine.

  • Jika gejala tidak kunjung hilang setelah konsumsi obat dan justru semakin parah, segera bawa ke dokter untuk penanganan lebih serius.

 

Itu tadi sekilas bahasan tentang alergi jagung yang semoga bisa menjadi artikel yang berguna untukmu. Selalu terapkan pola hidup sehat, dan sikapi alergi yang muncul dengan menyediakan obat dengan kandungan cetirizine yang mudah didapatkan di berbagai lokasi dengan cepat guna meredakan gejala alergi yang muncul!