Penyebab Alergi Mie Instan Bisa Terjadi, Atasi dengan Tepat!

  Selasa, 30 April 2024 | 02:36 WIB
   Team Prosix
oktep43.1.webp

Sumber: Freepik

Mie instan adalah salah satu makanan yang disukai karena rasa dan kenikmatannya. Di balik rasanya yang enak dan praktis dibuat, Seseorang mungkin bisa mengalami reaksi kulit gatal-gatal setelah mengonsumsi mie instan, lho. Namun benarkah ada mie instan yang menimbulkan reaksi alergi pada kulit?

Untuk tahu jawabannya, mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini, yuk!

Gejala Alergi Mie Instan yang Muncul

Alergi diartikan sebagai respons tubuh terhadap paparan zat tertentu dengan gejala reaksi yang bisa berbeda-beda. Gejala yang paling mungkin muncul adalah ruam yang disertai gatal-gatal pada kulit atau terlihat seperti biduran.

Kandungan monosodium glutamat (MSG) dalam mie instan juga dapat menimbulkan reaksi bagi orang yang sensitif. Biasanya reaksi alergi terhadap MSG ditandai dengan gejala seperti sakit kepala, mual, gatal gatal, dan kulit kemerahan. Gejala alergi karena makan mie instan ini bisa berlangsung dalam jangka waktu sebentar maupun jangka panjang.

Sumber: Freepik

Penyebab Bisa Terjadi Alergi Mie Instan

Hal yang menyebabkan mengapa mie instan dapat menimbulkan reaksi alergi sebenarnya terletak pada kandungan di dalamnya.

Penyebab paling utama alergi mie instan terletak pada kandungan gluten karena terbuat dari bahan gandum. Setelah makan makanan tinggi gluten, sebagian orang yang memiliki intoleransi gluten bisa mengalami alergi.

Alergi terhadap gluten yang ada di mie instan terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap kandungan protein yang ditemukan di dalam gandum. Sistem imun meresponsnya sebagai ancaman berbahaya, yang kemudian imun memproduksi antibodi seperti imunoglobulin E atau IgE untuk melawan protein yang dianggap sebagai ancaman tersebut.

Selain karena kandungan gluten, mie instan dengan bahan tambahan mungkin menjadi masalah seseorang alami reaksi alergi. Mulai dari zat tambahan pewarna, perasa (flavor), bahan pengawet, dan bahan tambahan lainnya yang memicu alergi.

Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, kandungan MSG pada bumbu mie instan yang membuat rasanya makin gurih dan nikmat, bisa memicu reaksi berlebihan terutama bagi orang yang mempunyai sensitivitas.

Jika kamu memiliki alergi terhadap kandungan dalam bahan makanan, konsultasikan kepada dokter apakah diperbolehkan makan mie instan dan sejenisnya. Bisa saja beberapa merk mie instan mengandung tartrazine atau pewarna makanan yang akan memicu terjadinya reaksi alergi.

Sumber: Freepik

Bagaimana Cara Mengatasi Alergi Mie Instan?

Apabila kamu mengalami gejala alergi seperti gatal-gatal dan kemerahan setelah makan mie instan, maka kamu dapat mengkonsumsi obat alergi. selanjutnya kamu menghindari konsumsi mie instan agar reaksi alergi tidak kembali muncul. Selain menghindari makan mie instan, sebaiknya kamu juga memperhatikan makanan atau bahan makanan yang sama (seperti kandungan gluten), yang berpotensi membuat keluhan alergi muncul.

Sebaiknya hindari makan mie instan dan perbanyak konsumsi makanan sehat yang gluten-free.

Seseorang bisa saja mengalami alergi terhadap mie instan karena memang pada dasarnya semua hal bisa menyebabkan reaksi alergi tergantung pada respons tubuh masing-masing.

Untuk memastikan apakah kamu mengalami alergi disebabkan oleh konsumsi mie instan, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat. Sementara waktu, untuk meredakan gejala yang timbul, hindari mie instan dan makanan tinggi gluten lainnya. Selain itu, minum obat anti gatal dan bisa oleskan bedak anti gatal pada area kulit yang dirasa gatal.