Penyebab, Gejala & 5 Cara Tepat Atasi Alergi Jam Tangan

  Jumat, 19 Juli 2024 | 00:24 WIB
   team prosix
penyebab-gejala-5-cara-tepat-atasi-alergi-jam-tangan_TCm.jpg

Sumber: freepik

 

Jam tangan adalah aksesori pelengkap yang akan membuat penampilan jadi lebih menarik. Namun, beberapa orang mengalami iritasi saat memakainya. Kenapa bisa demikian? Masalah yang muncul selama memakai aksesori ini bisa disebabkan karena alergi jam tangan. Ada banyak faktor yang memicu alergi ini, bisa jadi karena tidak cocok dengan bahan jam, atau cara pemakaiannya yang kurang tepat. Nah, pada artikel kali ini, kamu akan diajak untuk mengetahui apa penyebab, gejala, dan cara mengatasi hipersensitivitas pada jam tangan secara tuntas.

 

Penyebab Alergi Jam Tangan

Beberapa hal yang membuat kulit menjadi iritasi saat menggunakan jam tangan adalah bahan tali jam, model tali jam terlalu lebar, pemakaian yang terlalu ketat, dan kondisi pergelangan tangan yang lembap. Berikut penjelasannya.

1. Bahan Tali Jam

Alergi jam tangan bisa terjadi karena kamu alergi dengan bahan yang dipakai pada tali jam. Setiap orang tentunya punya tingkat sensitivitas bahan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kamu bisa menyesuaikan bahan yang tidak membuat kulit iritasi.

2. Model Tali Jam yang Terlalu Lebar

Tali jam yang terlalu lebar juga berisiko meningkatkan munculnya gejala alergi pada kulit tangan. Pasalnya, area kulit yang tertutup juga semakin banyak, sehingga risiko iritasi kulit juga semakin besar.

3. Pemakaian Jam yang Terlalu Ketat

Gejala alergi yang timbul saat memakai jam tangan juga bisa disebabkan oleh pemakaian yang terlalu ketat. Kondisi ini membuat kulit kesulitan untuk bernapas dan keringat terjebak di dalam balutan jam. Hal ini kemudian rentan membuat kulit terkena iritasi.

4. Kondisi Kulit Lembap

Hindari memakai jam tangan saat kondisi tangan masih lembab, baik karena berkeringat, menggunakan lotion, atau basah terkena air. Kondisi alergi keringat dan lain-lain tersebut bisa menyebabkan jamur tumbuh subur, sehingga kulit terasa gatal dan terkena iritasi.

 

Gejala Alergi Jam Tangan

Sumber: freepik

 

Siapa sangka aksesori pemanis penampilan seperti jam tangan justru bisa membawa masalah bagi kesehatan, khususnya pada kulit tubuh. Beberapa orang menunjukkan gejala alergi jam tangan yang cukup beragam mulai dari gatal-gatal, kulit kemerahan, dan sensasi panas di pergelangan tangan.

Jika kamu mengalami beberapa gejala tadi, maka harus pintar-pintar dalam menyiasatinya. Lalu bagaimana cara mengatasi hipersensitivitas terhadap jam tangan? Simak ulasannya di bawah ini yuk!

 

Cara Mengatasi Alergi Jam Tangan

Sumber: freepik

 

Tidak perlu khawatir jika kamu menunjukkan gejala alergi jam tangan karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ulasannya.

1. Pilih Bahan yang Cocok di Kulit

Ada banyak model jam tangan di pasaran yang terbuat dari bermacam-macam bahan yang berbeda-beda. Kamu mungkin tidak cocok dengan satu bahan tertentu, tapi belum tentu di bahan yang lain. Umumnya, bahan jam tangan yang paling jarang menyebabkan alergi adalah kulit asli, karet silikon, nilon, dan stainless steel.

2. Pasang Jam Tangan Sedikit Longgar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pemakaian jam tangan yang terlalu ketat bisa menyebabkan iritasi. Oleh sebab itu, mulailah menggunakan jam agak longgar supaya kulit tangan bisa bernapas.

3. Menjaga Kebersihan Jam Tangan

Jam tangan yang tidak pernah dibersihkan bisa menjadi sarang kuman dan bakteri dari tumpukan kotoran dan keringat yang menempel di bawah jam tangan. Hal inilah yang bisa memicu kulit iritasi. Oleh sebab itu, upayakan untuk membersihkan jam tangan secara teratur dengan kain lembut dan air hangat.

4. Pastikan Tangan dalam Keadaan Kering dan Bersih

Selain kebersihan jam tangan, kamu juga wajib menjaga kebersihan kulit tangan ya! Selain itu, pastikan untuk memakai jam tangan saat kondisi tangan kering supaya terhindar dari iritasi.

5. Pilih Jam Tangan Anti Alergi

Kamu juga bisa mmepertimbangkan untuk membeli jam tangan dengan klaim anti-alergi atau hypoallergenic. Umumnya, jenis jam tangan dengan bahan tersebut cukup aman digunakan terutama bagi pemilik kulit sensitif.

 

Demikian informasi penting terkait penyebab, gejala, dan cara mengatasi alergi jam tangan. Jika gejala alergi tidak membaik setelah mencoba cara di atas, maka segera konsultasikan hal ini ke dokter untuk mendapatkan obat alergi yang tepat.