Sebenarnya Berapa Lama Alergi akan Hilang Setelah Ditangani?

  Kamis, 04 Januari 2024 | 02:08 WIB
   Team Prosix
oktep4.1.jpg

Sumber: freepik.com

Seperti yang kamu semua ketahui, alergi sendiri adalah manifestasi dari kesalahan pengenalan sistem pertahanan tubuh terhadap zat yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh namun dikenal sebagai zat asing berbahaya sehingga memicu munculnya zat histamin yang akhirnya menyebabkan reaksi alergi. 

Bentuk gejala alergi bisa saja beragam, sama dengan jangka waktu gejala ini muncul. Tapi sebenarnya berapa lama alergi akan hilang?

Penyebab dari alergi dan tingkat keparahan beragam, gejala alergi bisa bervariasi pada tiap orang. Ada yang hanya mengalami hidung meler dan gatal, ada pula pasien dengan reaksi parah yang dapat membahayakan jiwa. 

Jenis Alergi dan Perkiraan Umum Waktu Gejalanya Terasa

Jangka Waktu Alergi

Sumber: freepik.com

Alergi yang umum terjadi di kalangan masyarakat adalah alergi makanan, alergi musiman/cuaca, aleegi kulit dan alergi bulu binatang. Beberapa alergi yang disebutkan di atas dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut:

  • Alergi makanan, terjadi dalam beberapa menit atau beberapa jam setelah seseorang mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Tidak jarang alergi gelombang kedua akan muncul pada tempo waktu satu hingga empat jam setelahnya, yang disebut dengan reaksi bifasik. Gejala alergi makanan sendiri dapat berlangsung dua jam hingga beberapa hari.
  • Alergi musiman, yang dipicu oleh serbuk sari, debu, atau jamur, yang memburuk di musim-musim tertentu. Gejalanya akan muncul dan bertahan selama penderitanya terpapar alergen, dan bisa saja berlangsung hingga enam minggu atau lebih bahkan hingga musim berlalu.
  • Alergi kulit, reaksi dari alergi ini, seperti misalnya dermatitis kontak, akan terjadi antara satu hingga dua hari setelah paparan. Ruam yang muncul sebagai efeknya dapat terlihat selama berminggu-minggu bahkan setelah alergen dihilangkan ataupun setelah tidak berkontak dengan sumber alergen

Lalu Adakah Estimasi yang Jelas Berapa Lama Alergi akan Hilang?

Secara praktis durasi munculnya gejala alergi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari daya tahan tubuh, kondisi tubuh, hingga berapa lama seorang terpapar alergen yang memicu munculnya gejala alergi.

Idealnya setelah mendapatkan penanganan yang tepat dalam bentuk menjauhkan alergen dan mengonsumsi obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter atau perawatan tenaga profesional, gejala alergi akan hilang dalam waktu singkat.

Untuk mempersingkat waktu gejala alergi yang dirasakan, cukup banyak penanganan yang dapat dilakukan. Mulai dari berkonsultasi ke dokter, atau mengonsumsi beberapa jenis obat di bawah ini.

  • Antihistamin untuk menghambat respon histamin yang berlebihan seperti golongan Cetirizine.
  • Kortikosteroid hidung, berupa semprotan yang bisa mengurangi pembengkakan di hidung.
  • Dekongestan, semprotan hidung yang dapat mempersempit pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan dan sesak napas..
  • Stabilisator sel mast, untuk menghentikan pelepasan histamin oleh tubuh.
  • Krim kortikosteroid, untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal pada ruam.

Ciri-Ciri Alergi Sudah Sembuh

Jangka Waktu Alergi

Sumber: freepik.com

Ciri paling mudah dikenali saat alergi sudah sembuh adalah bahwa ketika seseorang dengan alergi terpapar alergen, ia tidak lagi merasakan gejala alergi. Meski hal ini bisa terjadi, namun rasionya tidak terlalu besar. Pada konteks gejala alergi, beberapa ciri bisa dikenali ketika gejala ini mulai terasa lebih ringan. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Gatal yang dirasakan tidak terlalu intens.
  • Pembengkakan yang terjadi mulai mengempes.
  • Ruam yang muncul perlahan hilang.
  • Bersin yang dirasakan tidak lagi terlalu sering terjadi.

Pada dasarnya ketika gejala yang dirasakan sudah semakin ringan, artinya alergi sudah berangsur membaik. Penanganan yang kamu lakukan bisa dikatakan berhasil ketika hal ini terjadi.

Tetap menjaga kondisi tubuh agar sehat dan bugar jadi kunci utama. Setelah tahu perkiraan berapa lama alergi akan hilang, tentu untuk membantu mempercepat meredakan gejala alergi tersebut, kamu bisa menggunakan obat dengan kandungan Cetirizine. Kamu bisa mendapatkannya di sini, langsung ke tautan pembelian yang direkomendasikan!