Suntik Alergi, Prosedur Aman Bertahap untuk Mengatasi Alergi

  Kamis, 25 Juli 2024 | 16:19 WIB
   Team Prosix
suntik-alergi-prosedur-aman-bertahap-untuk-mengatasi-alergi_wuH.jpg

Bagi sebagian orang, reaksi alergi menjadi hal yang sulit dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama jika paparan terhadap alergen sangat intens sehingga proses menghindarinya menjadi hal yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Bisa juga pemilik alergi merasa lelah jika harus mengonsumsi obat alergi secara terus menerus. Maka salah satu solusi dari beberapa keadaan tersebut adalah dengan mendapatkan terapi alergi. Satu bentuk terapi alergi yang cukup populer karena efektivitasnya adalah suntik alergi. Mari memahami manfaat, prosedur, dan cara mendapatkan suntik alergi di bawah ini.

Suntik Alergi dan Manfaatnya

Suntik alergi atau dalam istilah medis Subcutaneous Immunotheraphy (SCIT) adalah pengobatan alergi jangka panjang yang mampu mengurangi dan/atau menghilangkan alergi secara permanen. Dikatakan jangka panjang karena suntikan diberikan secara bertahap selama 3 hingga 5 tahun. Setiap suntikan yang diberikan akan berisi kandungan alergen dengan jumlah yang sedikit dan akan terus bertambah hingga sistem imun semakin terbiasa dengan alergen.

Metode SCIT tersedia untuk alergi yang disebabkan oleh alergen yang menyebar melalui udara dan sengatan serangga. Beberapa contoh alergen yang dimaksud adalah bulu hewan peliharaan, serbuk sari, jamur, tungau debu, sengatan lebah, dan lain-lain.

Sudah banyak penelitian yang menjelaskan bahwa teknik pengobatan ini efektif bagi penderita alergi tanpa efek samping yang membahayakan. Meski pada tahap-tahap awal penerima suntik alergi tetap mendapat reaksi alergi saat terpapar alergen, namun gejala yang dialami menjadi lebih ringan dan terus berkurang seiring waktu berjalannya pengobatan.

suntik alergi

Prosedur Suntik Alergi

Menjadi salah satu teknik imunoterapi yang efektif, penerimanya tentu akan selalu bertemu dengan suntikan. Pada tahap awal pengobatan atau biasa disebut sebagai fase membangun, penderita alergi akan mendapat suntikan zat alergen dengan dosis yang sangat kecil. Dokter atau imunolog akan mengawasi efek dari suntikan tersebut selama kurang lebih 30 menit, baik dalam ruangan yang sama atau di area sekitarnya. Tujuannya untuk memastikan kamu tidak mengalami gejala atau reaksi alergi yang tidak parah serta membantu kamu mengatasi gejala ringan yang muncul. Dosis tersebut akan diberikan setidaknya 1-3 kali seminggu selama 6-10 bulan pertama. Jumlah dosisnya juga akan ditambah secara bertahap agar sistem imun tubuh mulai lebih toleran terhadap kandungan alergen.

Kemudian pada fase perawatan, kamu akan menerima suntikan dengan dosis yang sama dan sudah terbukti dapat ditolerir oleh sistem imun. Masa perawatan ini kamu hanya perlu mendapat suntikan zat alergen satu kali dalam satu bulan selama 3 hingga 5 tahun. Namun jika alergi yang dimiliki termasuk kategori parah, masa perawatan bisa berlangsung lebih dari 5 tahun.

Cara Mendapatkan Suntik Alergi

Prosedur suntik alergi sudah bisa diterapkan untuk usia minimal 5 tahun. Untuk mendapatkan suntik alergi, pemilik alergi perlu menjalani tes alergi terlebih dahulu di rumah sakit yang menyediakan layanan alergi. Meskipun kamu sudah mengetahui alergen apa saja yang memicu reaksi alergi pada tubuh kamu, tes alergi akan meningkatkan keakuratan sesuai urutan tingkat keparahannya. Tes alergi bisa beragam, namun metode yang disarankan adalah tes tusuk jarum (skin test) dan tes darah.

Dalam tahap ini, dokter atau imunolog juga akan melakukan wawancara seputar riwayat kesehatan kamu dan keluarga, obat alergi apa yang pernah dikonsumsi, dan lain-lain. Umumnya dokter juga akan menjelaskan mengenai syarat kondisi tubuh untuk menerima suntik alergi, seperti tidak demam dan tidak memiliki asma akut. Dapatkan pengobatan suntik alergi di rumah sakit yang menyediakan layanan ini secara penuh dan biasanya di kota-kota besar di Indonesia.

Untuk kamu yang belum bisa menjalankan suntik alergi karena satu dan lain hal, maka mengkonsumsi obat alergi dengan kandungan antihistamin adalah solusi efektif untuk menangani alergi.

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/25194-allergy-shots