Tahu Lebih Jauh Perbedaan Campak dan Alergi, Klik di Sini!

  Rabu, 22 November 2023 | 04:05 WIB
   Team Prosix
ep46.1.jpg

Sumber: freepik.com

Mengetahui dengan baik perbedaan campak dan alergi bisa menjadi hal berguna. Penanganan yang tepat akan menjauhkanmu dari risiko yang lebih besar untuk kesehatan, sehingga kondisi yang dialami bisa lekas pulih.

Meski begitu, ternyata cukup banyak orang yang masih belum paham benar apa bedanya campak dan alergi. Mulai dari pengertian hingga cara mengatasinya, kamu bisa cermati detail penjelasan di masing-masing poin berikut ini.

Mengenal Campak dan Alergi

Sumber: freepik.com

Campak sendiri adalah penyakit yang dipicu oleh infeksi virus pada saluran pernapasan. Jenis penyakit ini mudah menular, dan bisa menimbulkan komplikasi serius pada anak-anak ketika tidak ditangani sesegera mungkin. Penyakit ini bisa dicegah dengan imunisasi.

Di sisi lain, alergi merupakan reaksi dari sistem imun tubuh yang muncul karena adanya zat alergen. Zat ini diidentifikasi sebagai bahaya oleh sistem imun, dan kemudian memberikan respons yang bisa dilihat. Alergi sendiri bisa dipicu karena makanan, kandungan dalam obat, serangga, udara kotor, hawa dingin, dan lain sebagainya.

Jadi dari definisinya saja sudah terlihat perbedaannya bukan?

Untuk Penyebabnya, Ini Perbedaan Campak dan Alergi

Sumber: freepik.com

1. Penyebab Utama Campak

Campak disebabkan oleh infeksi virus dari famili Paramyxovirus, seperti misalnya rubeola dan rubella. Infeksi ini bisa dengan mudah menular melalui droplet atau percikan air liur penderita campak pada orang lain.

Penyakit ini bisa menular bahkan sejak empat hari sebelum ruam merah muncul di kulit. Ruam sendiri menjadi salah satu tanda campak paling mudah dikenali karena muncul di permukaan kulit. Penyakit masih bisa menular setelah empat hari ruam merah di kulit muncul.

Beberapa faktor yang bisa memicu peningkatan risiko campak sendiri antara lain adalah sebagai berikut.

  • Belum mendapatkan vaksin MMR
  • Tubuh seseorang yang kekurangan vitamin A, karena berisiko menimbulkan gejala campak yang jauh lebih parah
  • Baru saja atau sering melakukan perjalanan ke area yang mengalami wabah campak

2. Penyebab Alergi

Seperti yang sudah sekilas dibahas di bagian pertama tadi, alergi disebabkan karena tubuh mengidentifikasi adanya alergen yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh, sehingga memberikan reaksi yang beragam. Antibodi Imunoglobulin E akan terbentuk, dan memicu pelepasan histamin yang membuat kamu mengalami berbagai gejala alergi.

Penyebab dari alergi sendiri pada umumnya antara lain adalah sebagai berikut.

Makanan tertentu, mulai dari seafood, produk peternakan, hingga kacang-kacangan

  • Bulu hewan
  • Tungau, jamur, atau debu
  • Zat tertentu yang ada di udara
  • Serbuk sari dari tanaman atau rumput liar
  • Gigitan serangga
  • Obat-obatan dengan kandungan tertentu
  • Kandungan bahan kimia dalam produk yang digunakan sehari-hari

Pada dasarnya alergi yang dialami seseorang bisa saja berbeda dengan orang lainnya, dan alergen yang memicu reaksi tubuh juga mungkin saja tidak wajar. Hal ini dikarenakan mekanisme imun tubuh yang memiliki perbedaan dalam mengidentifikasi alergen yang dinilai berbahaya bagi tubuh.

Terakhir, tentang Perbedaan Cara Mengatasi Keduanya

Sumber: freepik.com

Sekarang kamu sudah tahu bukan apa saja perbedaan campak dan alergi dari sisi penjelasan dasar dan penyebabnya?

Nah, di bagian terakhir ini, hal penting yang harus diperhatikan adalah cara mengatasi atau mengobati keduanya.

Pada campak, sejatinya tidak diperlukan tindakan pengobatan khusus karena bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala campak dan mencegah terjadinya komplikasi lebih serius.

  • Melakukan isolasi di ruangan terpisah dengan orang lain untuk mencegah penularan
  • Mendapatkan istirahat yang cukup dan hindari aktivitas fisik berat
  • Banyak minum air mineral
  • Konsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang
  • Konsumsi obat anti nyeri atau penurun demam yang diberikan dokter
  • Konsumsi suplemen vitamin antioksidan seperti Vitamin A yang dianjurkan dokter
  • Konsumsi suplemen antioksidan juga penting untuk meningkatkan sistem imun seperti vitamin C, E dan juga mineral Zinc 

Untuk alergi sendiri pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan beberapa jenis obat yang bisa membantu mengurangi atau menghentikan gejala alergi yang muncul. Mulai dari obat anti alergi, obat antiradang bila alergi sudah disertai peradangan, atau obat yang menghambat efek leukotrien penyebab pembengkakan pada saluran pernapasan. Obat-obatan ini biasanya adalah antihistamin, semprotan nasal, tablet atau krim steroid.

 Jadi, jelas sekarang perbedaan campak dan alergi yang sudah kamu baca di atas. Kini kamu paham bagaimana perbedaan penanganannya. Untuk alergi sendiri kamu bisa menggunakan obat dengan kandungan Cetirizine yang sudah terbukti ampuh mengobati alergi, dengan mengklik tautan berikut ini. Tetap jaga kesehatan dan pola hidup ideal, agar terhindar dari infeksi penyakit yang mengganggu!