Terkena Alergi di Tangan? Temukan Cara Ampuh Mengatasinya di Sini!

  Jumat, 02 Agustus 2024 | 02:33 WIB
terkena-alergi-di-tangan-temukan-cara-ampuh-mengatasinya-di-sini_Jnx.jpg

Kulit gatal adalah sensasi menjengkelkan dan tak terkendali yang membuat kamu ingin menggaruk untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Banyak faktor yang menyebabkan timbulnya rasa gatal khususnya di tangan, seperti  eksim, reaksi alergi, psoriasis, diabetes, dan kudis. Artikel ini akan membahas berbagai penjelasan yang kamu alami terkait tangan gatal akibat reaksi alergi,  gejala, ciri-ciri, dampak, dan cara mengatasi alergi di tangan.

Kulit yang merah, teriritasi, dan gatal bisa sangat mengganggu dan rasa tidak nyaman. Mungkin Kamu beranggapan bahwa alergi hanya menimbulkan gejala seperti bersin atau mata berair, namun sebagian besar orang dengan alergi juga mengalami kulit gatal khususnya di tangan. Jika kamu sering merasa ingin menggaruk kulit saat mengalami gejala alergi lainnya, pengobatan alergi di rumah mungkin bisa membantu memberikan bantuan.

Apa itu Alergi?

Alergi terjadi ketika tubuh merespons sesuatu yang dianggapnya berbahaya, yang disebut alergen. Sistem kekebalan tubuh menanggapi alergen dengan membuat antibodi yang menghasilkan zat pro-inflamasi seperti histamin, menyebabkan gejala alergi. 

Berbagai faktor dapat memicu alergi, mulai dari makanan atau obat-obatan tertentu, termasuk suplemen herbal, hingga bahan kimia dalam produk seperti sabun atau kosmetik, serta polusi udara, debu, atau asap rokok.

Gejala dan Ciri-Ciri Alergi di Tangan

Gejala alergi dapat berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung pada alergen yang dipicu oleh sistem kekebalan tubuh. Umumnya, alergi ditandai dengan munculnya ruam atau perubahan pada kulit, seperti merah, bintik-bintik, dan rasa gatal di tangan maupun bagian tubuh lainnya. 

Jika tidak ditangani dengan baik, ini dapat menimbulkan iritasi dan ketidaknyamanan yang lebih parah. Reaksi alergi yang parah membutuhkan perhatian medis darurat segera, tetapi sebagian besar gejala alergi ringan dapat diobati di rumah.

alergi-di-tangan

Sumber: Freepik

Dampak Munculnya Alergi di Area Tangan

Alergi di tangan bisa menimbulkan beberapa dampak yang mengganggu, antara lain: 

  1. Iritasi kulit sering kali muncul, yang terjadi dalam bentuk ruam, bentol-bentol, kemerahan, dan rasa gatal yang tak nyaman. 

  2. Pembengkakan juga bisa terjadi, biasanya terjadi di area yang terkena alergen dan dapat meningkat seiring waktu sehingga mengganggu kenyamanan. 

  3. Keterbatasan dalam melakukan aktivitas sehari-hari juga bisa dirasakan, terutama yang melibatkan penggunaan tangan. Misalnya, menulis, mengetik, atau mengerjakan pekerjaan rumah bisa sulit dilakukan karena ketidaknyamanan atau rasa sakit yang ditimbulkan oleh gejala alergi.

Cara Mengatasi Alergi di Tangan

Jika kamu mengenali alergen yang menyebabkan kulitmu gatal, hindari sebisa mungkin. Namun, kadang sulit untuk menghindarinya sepenuhnya. Penggunaan obat alergi yang mengandung antihistamin dapat meredakan peradangan dan gejala alergi. 

Untuk kasus yang lebih serius, dokter mungkin menyarankan membawa suntikan epinefrin sebagai tindakan darurat. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat jika kamu yakin memiliki alergi. 

/alergi-di-tanga

Sumber: Freepik

Selain melalui obat, kamu juga bisa melakukan beberapa tips berikut untuk mengatasi rasa gatal akibat alergi di tangan 

  1. Hindari menggaruk. Ketika tangan kamu terasa gatal, menggaruk mungkin tampaknya memberikan bantuan cepat, tapi sebenarnya bisa membuat kulit lebih teriritasi dan membuatnya gatal lebih lama.

  2. Mandi. Membersihkan kulit yang terkena alergen bisa membantu meredakan rasa gatal. Usahakan untuk tidak terlalu lama mandi dan gunakan air hangat untuk mencegah kulit menjadi kering.

  3. Gunakan produk berbahan kimia. Beberapa lotion, sabun, atau deterjen mengandung bahan kimia beraroma yang bisa memperburuk gatal pada kulitmu.

  4. Oleskan pelembab. Setelah mengkonsumsi obat alergi dan membersihkan kulit yang terkena alergen, mengoleskan pelembab bisa membantu mengurangi rasa gatal. Pelembab juga berguna untuk menjaga kulit tetap lembab dan tidak kering.

  5. Hindari perubahan suhu yang ekstrim. Menjaga suhu rumah tetap stabil dapat membantu mencegah kulit menjadi kering dan gatal.

Demikian informasi seputar penyebab dan bagaimana cara ampuh mengatasi alergi tangan yang bisa coba kamu terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat.