Apakah Alergi Bisa Sembuh secara Medis? 4 Cara Mengatasinya

  Senin, 10 Juni 2024 | 04:44 WIB
   TEAM PROSIX
apakah-alergi-bisa-sembuh_kK6.png

Siapa pun bisa mengalami jenis alergi yang dipicu oleh berbagai penyebab. Biasanya alergi bisa dialami sejak masa kanak-kanak dan bisa berangsur membaik saat berumur dewasa. Namun sayangnya, sebagian orang tetap mengalami jenis alergi sama yang diderita sejak kecil. Lalu apakah alergi bisa sembuh dengan penanganan medis? Mari simak fakta dan ulasan selengkapnya berikut ini. 

Inilah Fakta Apakah Alergi Bisa Sembuh

Kembali ke pertanyaan yang akan menjadi topik pembahasan dalam artikel ini, apakah alergi bisa sembuh? Jawabannya, kamu tidak bisa menyembuhkan alergi, akan tetapi kamu bisa mengobati dan mengendalikan gejala alerginya. Mungkin ini memerlukan usaha seperti perubahan pada lingkungan sekitar dan mencari cara untuk menjauhi hal-hal yang memicu serangan alergi. 

Beberapa penderita alergi bisa mengatasi alerginya, terutama alergi yang berkembang sejak masa kanak-kanak. Hilang atau tidaknya alergi yang dialami seseorang seiring bertambahnya usia, bergantung pada alergi apa yang dideritanya dan seberapa tingkat keparahan alergi. 

Alergi secara umum berkaitan erat dengan faktor genetik dan lingkungan yang menjadi pemicunya. Kita tidak dapat mengenyampingkan fakta medis bahwasannya alergi itu sendiri belum bisa disembuhkan total dengan penanganan medis. Alergi bisa terus kambuh-kambuhan jika alergen pencetusnya tidak dihindari. 

Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasi Alergi?

Dengan penanganan yang tepat, kamu tetap bisa mengurangi tingkat keparahan gejala alergi agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu. Memang alergi muncul secara alami dari dalam tubuh sebagai reaksi tubuh atas paparan zat asing yang dianggap berbahaya, sehingga tubuh mengeluarkan antibodi yang memicu gatal, bersin, dan lainnya. 

Simak beberapa cara efektif mencegah dan mengatasi gejala alergi agar tidak parah:

1. Minum Obat Anti Alergi untuk Meredakan Gejala

Kandungan obat yang diresepkan untuk orang dengan alergi salah satunya adalah antihistamin. Cara kerja antihistamin ini adalah dengan menghentikan produksi histamin yang dihasilkan tubuh, sehingga gejala alergi yang muncul bisa berangsur mereda.

Selain antihistamin, kandungan obat untuk membantu mengatasi alergi adalah Cetirizine Hydrochloride.  

2. Suntikan Epinephrine sesuai Persetujuan Dokter

Masalah alergi bisa diatasi dengan suntikan epinephrine tentunya atas persetujuan dokter. Suntikan epinephrine ini menjadi opsi penangan medis bagi alergi yang sering kambuhan. Cara kerja suntikan epinephrine adalah dengan mencegah efek dari reaksi alergi yang berlebihan. 

3. Prosedur Imunoterapi

Selain pengobatan di atas, kamu bisa mencoba jenis pengobatan imunoterapi tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter. Imunoterapi diberikan bisa dalam bentuk suntikan, tablet oral, atau obat tetes. Perlu dicatat, imunoterapi bukan obat yang menghilangkan alergi, namun efektivitasnya dapat melemahkan reaksi alergi yang kamu alami. 

4. Kelola Stres dengan Baik

Memang stres bukanlah penyebab alergi yang dialami seseorang. Namun stres bisa memperburuk reaksi yang sudah ada dengan meningkatkan kadar histamin dalam aliran darah. Zat kuat inilah yang dapat menyebabkan gejala mirip alergi. Oleh karena itu, untuk mencegah alergi memburuk, pastikan kelola stres dengan baik setiap hari. 

Perlu selalu diingat bahwa kondisi alergi setiap orang bisa berbeda-beda. Hal yang pasti, apakah alergi bisa sembuh tentunya tidak bisa karena belum ada obat yang ditemukan saat ini. Namun kamu bisa mengendalikan gejala alergi agar tidak semakin parah dengan beberapa langkah pencegahan dan penanganan di atas. Semoga bermanfaat.