Bagaimana Cara Sembuh dari Rhinitis Alergi? Ini 3 Opsinya

  Senin, 29 Juli 2024 | 22:36 WIB
   team prosix
bagaimana-cara-sembuh-dari-rhinitis-alergi-ini-3-opsinya_jYh.jpg

Sumber: freepik

 

Alergi bisa menyebabkan seseorang terkena rhinitis. Penyakit ini merupakan suatu peradangan yang menyerang membran mukosa di dalam hidung. Penyebabnya bermacam-macam, bisa jadi karena alergi debu, serbuk sari, bulu hewan, dan jenis substansi/zat alergen lainnya, sehingga disebut sebagai rhinitis alergi. Namun, rhinitis juga bisa muncul karena infeksi virus atau bakteri yang disebut sebagai rhinitis non-alergi. Pada artikel kali ini, kami ingin mengajak kamu untuk tahu lebih jauh tentang gejala dan cara sembuh dari rhinitis alergi. Simak baik-baik ya!

 

Gejala Rhinitis Alergi

Sumber: freepik

 

Berbeda dengan rhinitis non-alergi, rhinitis alergi terjadi  karena adanya zat asing/alergen yang masuk ke tubuh sehingga menyebabkan peradangan di area hidung. Gejala yang muncul pada tiap-tiap orang bisa berbeda-beda dan umumnya bersifat ringan.

Rhinitis alergi bisa menimbulkan gejala seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, batuk-batuk, mata gatal, hingga tubuh mudah lelah. Meski bukan penyakit yang cukup serius, tapi gejalanya juga bisa semakin parah jika tidak ditangani secara tepat. Saat hal itu terjadi, maka segera pergi ke rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk berkonsultasi ke dokter.

 

Cara Sembuh dari Rhinitis Alergi

Sumber: freepik

 

Lalu apakah rhinitis alergi bisa disembuhkan? Pada dasarnya, semua penyakit alergi tidak dapat sembuh total, tapi kamu bisa meminimalisir terjadinya rhinitis alergi dengan menghindari berbagai pencetus atau penyebabnya. Jadi, pastikan untuk memahami zat alergen apa saja yang biasanya memicu reaksi alergi di tubuh.

Sementara itu, pengobatan atau cara sembuh dari rhinitis pada tiap individu juga bisa berlainan, tergantung dari tingkat keparahan yang dialami pasien. Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan terjadinya rhinitis alergi yaitu melalui metode obat-obatan, imunoterapi, atau irigasi hidung. Penjelasan lebih lengkapnya bisa kamu simak sebagai berikut.

1. Obat-obatan

Cara sembuh dari rhinitis alergi bisa dilakukan dengan konsumsi obat-obatan tertentu. Dokter umumnya akan meresepkan jenis obat-obatan seperti dekongestan, antihistamin, dan lain sebagainya. Untuk gejala yang tidak terlalu parah, kamu juga bisa membeli obat anti alergi yang tersedia di apotek.

Namun, jika reaksi alergi yang muncul cukup parah, segera konsultasikan hal ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

2. Imunoterapi

Selain obat-obatan, cara menyembuhkan gejala yang timbul akibat rhinitis alergi juga bisa dilakukan dengan terapi tertentu. Umumnya terapi ini dikenal sebagai imunoterapi dengan memasukkan injeksi zat alergen ke dalam tubuh pasien dalam dosis yang sudah diperhitungkan selama periode tertentu. 

Terapi ini bertujuan untuk mengurangi sensitivitas sistem kekebalan tubuh terhadap substansi asing penyebab alergi. Dengan demikian, diharapkan sistem imunitas akan meningkat sehingga mampu melawan paparan alergen dengan lebih baik.

3. Irigasi Hidung/Nasal Irrigation

Dokter mungkin juga akan meminta pasien untuk menjalani irigasi hidung atau yang kerap disebut sebagai nasal irrigation. Cara kerja dari jenis tindakan ini yaitu dengan memasukkan/menyemprotkan cairan khusus ke dalam rongga hidung yang kemudian dikeluarkan lewat mulut.

Pemberian nasal irrigation juga cukup ampuh dan efektif dalam menangani rhinitis akibat alergi karena rongga hidung menjadi lebih bersih.

Walaupun cara sembuh dari rhinitis alergi bisa dilakukan secara mudah dengan membeli obat-obatan alergi di apotek, pastikan untuk berkonsultasi pada apoteker agar mendapatkan saran yang tepat.

Namun, jika gejala yang terjadi cukup parah, sebaiknya kamu mencari pertolongan medis dengan mengunjungi dokter di rumah sakit/klinik/pusat pelayanan kesehatan lainnya. Hal yang paling penting, berusahalah untuk menghindari pemicu alergi supaya rhinitis tidak sering kambuh.