Cari Tahu Berapa Lama Penyembuhan Alergi Cat Rambut di Sini

  Senin, 26 Agustus 2024 | 05:55 WIB
   Team Prosix
cari-tahu-berapa-lama-penyembuhan-alergi-cat-rambut-di-sini_FmV.jpg

Bosan dengan warna hitam rambutmu? Ingin merubah warna rambut agar tampilan menjadi lebih segar? Tentunya boleh-boleh saja. Tapi kamu harus waspada, beberapa orang ternyata mengalami alergi cat rambut. Agar acara mengecat rambutmu tidak menjadi bencana, yuk cari tahu di bawah ini tentang apa penyebab, gejala, dan berapa lama penyembuhan alergi cat rambut.

Penyebab Alergi Cat Rambut

Seseorang yang alergi cat rambut sebenarnya bukan disebabkan produk cat rambut tertentu, namun penyebabnya adalah alergi terhadap bahan kimia yang terdapat di dalam cat rambut. Penyebab alergi yang paling umum adalah bahan kimia bernama para phenylenediamine (PPD). Biasanya PPD banyak dipakai pada cat rambut berwarna hitam dan coklat gelap.

Tak hanya bahan kimia PPD saja, namun bisa juga seseorang alergi terhadap amonia, resorsinol dan peroksida, ketiga bahan tersebut juga merupakan bahan yang ada di dalam cat rambut. Meskipun seseorang tidak alergi terhadap bahan-bahan yang dimiliki cat rambut, namun bisa juga muncul gejala seperti gatal atau ruam saat seseorang mengganti produk cat rambut dengan merek yang lain.

Gejala Alergi Cat Rambut

Sumber: Freepik

Alergi cat rambut dapat menimbulkan gejala-gejala yang seketika muncul saat pemakaian atau 48 jam setelah pemakaian, gejalanya bermacam-macam, ada yang sedang hingga serius.

Beberapa gejala yang muncul antara lain :

  • Kulit kepala, wajah atau leher terasa seperti disengat atau terasa terbakar.

  • Lecet pada kulit.

  • Gatal dan bengkak pada kulit kepala dan wajah.

  • Bengkak pada kelopak mata, bibir, tangan atau kaki bengkak.

  • Muncul ruam pada bagian-bagian tubuh.

Kontak alergi dermatitis merupakan reaksi kulit terhadap bahan yang menyebabkan alergi, kulit yang sensitif biasanya akan seketika memunculkan radang atau ruam merah.

Dermatitis kontak alergi adalah reaksi yang disebabkan oleh kulit yang disentuh sesuatu yang menyebabkan alergi. Setelah peka, kulit yang terkena biasanya akan meradang dan merah saat terkena alergen penyebab. Reaksi alergi serius dapat juga menimbulkan gejala kesulitan bernapas, mual dan muntah hingga pingsan.

Berapa Lama Penyembuhan Alergi Cat Rambut?

Gejala-gejala yang muncul akibat alergi cat rambut ini dapat berlangsung beberapa hari hingga seminggu, tergantung sensitivitas seseorang terhadap reaksi alerginya. Oleh karena itu, rentang penyembuhannya juga bervariasi tergantung dari berat ringannya gejala yang dirasakan.

Jika kamu hanya mengalami gejala atau reaksi alergi yang cukup ringan dan segera diatasi, kemungkinan dalam 2-3 hari akan membaik.

Namun jika alergi cat rambut yang kamu alami cukup parah mungkin penyembuhannya akan memakan waktu seminggu atau lebih.

Mengatasi Alergi Cat Rambut

Mendatangi dokter kulit adalah keputusan yang tepat saat mengalami alergi ini. Tapi, kamu juga bisa mengatasinya dengan cara mandiri di rumah, seperti:

  • Segera bilas rambut dengan air hangat jika reaksi terhadap pewarna sudah muncul. Gunakan shampo untuk menyegarkan kulit kepala dari sensasi terbakar.

  • Gunakan obat topikal kortikosteroid pada permukaan kulit yang mengalami reaksi alergi, seperti wajah, leher, kepala, dan bagian lainnya. Obat ini tidak boleh digunakan di dekat mata atau mulut.

  • Gunakan antiseptik yang mengandung hidrogen peroksida untuk membantu menenangkan kulit. Antiseptik ini juga bisa mengurangi iritasi dan lepuhan yang ada.

  • Minum obat-obatan antihistamin untuk mengurangi peradangan dan gatal-gatal pada kulit.

  • Gunakan obat dengan kandungan kalium permanganat untuk mengurangi reaksi alergi.

Sekarang terjawab sudah pertanyaan tentang berapa lama penyembuhan alergi cat rambut beserta penyebab, gejala, dan cara mengatasinya.

Dengan penjabaran di atas, tentunya sekarang kamu akan lebih berhati-hati jika ingin mewarnai rambutmu. Ingatlah untuk selalu mencoba pewarna rambut pada bagian kulit yang tidak terlihat. Jangan sampai alih-alih ingin terlihat keren malah membuatmu harus pergi ke dokter ya.