Mitos & Fakta Cara Menghilangkan Alergi Dingin secara Permanen

  Senin, 19 Agustus 2024 | 08:45 WIB
   Team Prosix
mitos-fakta-cara-menghilangkan-alergi-dingin-secara-permanen_bLH.jpg

Sumber: master1305 via freepik.com

Sebagai seorang penderita alergi dingin, tentu sudah sewajarnya jika seseorang mencari cara untuk menyembuhkannya. Orang-orang ini biasanya adalah golongan yang sudah merasa terganggu atas gejala yang muncul. Tapi sebenarnya adakah cara menghilangkan alergi dingin secara permanen?

Seperti banyak jenis alergi lain, alergi dingin adalah respons alami yang ditunjukkan tubuh ketika mendeteksi adanya benda dengan suhu rendah atau udara yang dingin bersentuhan dengan permukaan kulit. Tubuh memandangnya sebagai sebuah ancaman, sehingga produksi histamin dilakukan dan diedarkan melalui darah  untuk menghilangkan ‘ancaman’ ini.

Mitos dan Fakta Alergi Dingin Bisa Hilang Permanen

Sumber: freepik via freepik.com

Cukup banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai cara-cara yang dilakukan untuk mengobati alergi dingin secara permanen. Artinya, masih cukup banyak orang yang percaya bahwa kondisi alergi dingin yang diderita bisa disembuhkan.

Namun sebagai manusia modern, agaknya keraguan atas mitos dan cara-cara yang dipercaya ini wajar, mengingat tidak ada penelitian klinis terkait mitos yang beredar di masyarakat. Misalnya dengan mengonsumsi makanan tertentu, melakukan ritual tertentu, mandi dengan larutan atau ramuan tertentu, hingga memaksa diri untuk membiasakan dengan suhu dingin yang ada di area-area tertentu.

Tapi apakah ini semua sekadar mitos atau justru memiliki nilai fakta yang dapat dipertanggungjawabkan?

Dikutip dari salah satu sesi tanya jawab yang terjadi pada situs alodokter.com, dr. Muliani Sukiman menjelaskan bahwa pada dasarnya alergi dingin tidak dapat disembuhkan secara total, karena kondisi ini berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Artinya sewaktu-waktu dapat saja terjadi kekambuhan bila terjadi paparan terhadap suhu dingin.

Namun demikian gejala yang muncul dapat dikontrol atau dikurangi, dengan pemberian beberapa jenis obat anti alergi. Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah untuk menghindari pemicu alergi dingin, yakni udara dingin atau bersentuhan dengan benda bersuhu rendah.

Strategi Menghadapi Alergi Dingin Jangka Panjang

Sumber: freedomz via freepik.com

Karena faktanya alergi ini tidak dapat dihilangkan, maka kamu perlu strategi yang tepat agar alergi dingin yang dimiliki tidak sampai mengganggu aktivitas yang harus kamu lakukan. Cara paling efektif yang dapat dilakukan adalah dengan pencegahan, yang dapat diterapkan dengan cara sebagai berikut:

  • Mengonsumsi obat antihistamin atau cetirizine sebelum terpapar dingin.

  • Meminum obat sesuai dengan rekomendasi dokter.

  • Lindungi permukaan kulit dari perubahan suhu yang mendadak.

  • Sebisa mungkin hindari minuman dan makanan dingin untuk mencegah gejala alergi muncul di tenggorokan.

Secara umum, gejala yang muncul sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Tapi jika mulai mengganggu, kamu bisa mengonsumsi obat yang sama yang mengandung antihistamin atau cetirizine, yang dapat membantu meredakan gejala alergi ringan hingga sedang yang dirasakan.

Tapi ketika gejala alergi yang dirasakan sudah semakin berat dan tidak kunjung membaik, sangat disarankan untuk mengunjungi dokter guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Pada akhirnya, penanganan yang diberikan dokter akan selalu menjadi jawaban terbaik atas kondisi gejala alergi parah yang dihadapi.

Beberapa terapi sebenarnya dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai jenis alergi. Tapi untuk alergi dingin, mungkin kamu perlu melakukan pencarian informasi lebih lanjut, sebab tim Prosix sendiri belum memperoleh informasi detail tentang terapi yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala alergi dingin yang dialami oleh seseorang.

Selama apa yang kamu lakukan untuk menyikapi alergi dingin ini sudah berdasarkan rekomendasi dari dokter terkait, seharusnya prosedur tersebut sudah yang paling sesuai dengan kondisi yang kamu miliki. Artikel ini bersifat memberikan informasi saja, dan tidak menegasikan apa yang disampaikan oleh dokter atau tenaga medis terkait penanganan kondisi alergi dingin.

 

Itu tadi sekilas pembahasan tentang mitos cara menghilangkan alergi dingin secara permanen yang bisa diberikan dalam artikel ini. Semoga selalu sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang terjaga, dan jangan lupa selalu sediakan obat yang tepat untuk mengatasi kemunculan gejala alergi dingin yang muncul sewaktu-waktu!