5 Makanan Diet Ibu Menyusui untuk Bayi Alergi, Simak di Sini!

  Senin, 19 Agustus 2024 | 08:41 WIB
   Team Prosix
5-makanan-diet-ibu-menyusui-untuk-bayi-alergi-simak-di-sini_5xq.jpg

Sumber: freepik via freepik.com

Apa yang Bunda konsumsi selama masa menyusui akan secara langsung berpengaruh pada kandungan nutrisi di dalam ASI. Semakin banyak nutrisi yang masuk, maka tubuh dapat memproduksi ASI dengan kualitas baik. Tapi apakah ada diet ibu menyusui untuk bayi alergi?

Pertanyaan ini muncul karena sejatinya apa yang terkandung di dalam ASI sebagian besar berasal dari apa yang Bunda konsumsi. Menjadi sangat berbahaya jika si kecil memiliki alergi pada protein bahan makanan tertentu, dan alergen tersebut terkandung di dalam ASI. Kemunculan gejala alergi dapat membuat kesehatan si kecil terganggu, dan tumbuh kembangnya tidak optimal.

Panduan Diet Ibu Menyusui untuk Bayi Alergi

Sumber: pixel_shot.com via freepik.com

Jelas pertama yang harus dipastikan adalah jenis alergi yang dimiliki oleh si kecil. Setelah memastikan jenis alerginya, Bunda kemudian dapat menghindari jenis makanan yang mengandung alergen tersebut, atau meminta rekomendasi dari dokter terkait hal ini.

Namun secara umum beberapa makanan yang cocok untuk Bunda konsumsi jika si kecil memiliki alergi adalah sebagai berikut.

1. Susu Soya

Susu soya bisa menggantikan menu olahan susu sapi atau produk sejenis yang mengandung laktosa. Alergi laktosa pada bayi sering terjadi, dan susu sapi yang Bunda masukkan ke dalam menu makanan berisiko meningkatkan kambuhnya alergi si kecil.

Susu soya juga dapat menjadi solusi jika si kecil mengalami kondisi galaktosemia, yakni gangguan metabolisme yang tidak dapat mencerna galaktosa yang ada di ASI atau susu sapi.

2. Ikan Salmon

Kaya akan lemak Omega-3 dan DHA, ikan salmon juga akan memberikan nutrisi yang Bunda butuhkan untuk tumbuh kembang si kecil. Kandungannya yang kaya dan rasanya yang lezat menjadi poin penting untuk memasukkan bahan ini ke dalam menu makanan Bunda selama masa menyusui.

Selain itu, alergi pada kandungan protein yang ada di dalam ikan salmon cenderung jarang terjadi, sehingga dapat dikonsumsi dengan aman oleh Bunda.

3. Daging Ayam

Secara spesifik daging ayam kampung yang dipelihara secara tradisional, jadi rekomendasi makanan yang wajib masuk ke menu diet ibu menyusui untuk bayi alergi. Meski memang terdapat kandungan protein yang tinggi, namun jenis daging ayam kampung memiliki risiko sangat rendah untuk memicu alergi.

Pasalnya ayam kampung yang dipelihara secara tradisional tidak menggunakan tambahan bahan kimia pada pakannya, dan tidak mendapatkan suntikan hormon.

4. Oatmeal

Selanjutnya adalah oatmeal. Makanan ini memiliki kandungan serat yang sedang sehat, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan Bunda. Vitamin B yang terkandung di dalam oatmeal dapat mendorong peningkatan produksi ASI, dan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas.

Oatmeal juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga Bunda tak mudah tergoda untuk mengambil camilan kurang sehat.

5. Susu Almond

Kelima adalah jenis susu almond. Susu almond dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI serta dapat mencukupi kebutuhan kalsium yang dimiliki Bunda di fase menyusui. Adanya vitamin E, B1, B2, B3, serta berbagai jenis mineral membuat jenis susu ini semakin diminati.

Kandungan di dalam susu almond dipercaya dapat mempercepat proses pemulihan tubuh pasca melahirkan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dimiliki si kecil.

Waspadai Beberapa Makanan Rawan Alergi Ini

Sumber: KamranAydinov via freepik.com

Setelah tahu apa diet yang tepat untuk Bunda di fase menyusui pada konteks si kecil memiliki alergi, Bunda juga sebaiknya paham benar beberapa jenis makanan yang rawan memicu alergi.

Makanan-makanan ini, bahkan pada orang dewasa, sering kali menjadi sumber kemunculan gejala alergi yang cukup mengganggu, sehingga sebaiknya dihindari sebelum dikonfirmasi oleh dokter bahwa jenis makanan tersebut aman dikonsumsi.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari dulu adalah kacang tanah, telur, susu sapi, kedelai, gandum, kacang-kacangan, dan kerang. Meski tidak semuanya pasti menimbulkan gejala alergi, tapi risiko dari makanan-makanan ini terbilang lebih tinggi.

 

Itu tadi sekilas tentang panduan diet ibu menyusui untuk bayi alergi yang bisa direkomendasikan. Tentu saja, jika muncul alergi pada si kecil, Bunda dapat memberikan penanganan yang tepat, misalnya dengan obat alergi mengandung cetirizine yang aman untuk bayi. Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter, dan berikan yang terbaik untuk si kecil!